Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 20:14 WIB | Senin, 13 Juli 2015

Investor AS Tertarik Danai Usaha Katering Online Indonesia

Cynthia Tenggara dan suami. Cynthia adalah salah satu pendiri perusahaan katering online BerryKitchen yang mendapatkan kucuran investasi Rp 16,65 miliar dari perusahaan modal ventura AS, Capital Sovereign. (Foto: id.techinasia.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Capital Sovereign, sebuah perusahaan modal ventura berbasis di AS dan berfokus pada investasi perusahaan-perusahaan pemula, memutuskan untuk menanamkan investasi sebesar US$ 1,25 juta atau sekitar Rp16,65 miliar di BerryKitchen, sebuah perusahaan katering online yang beroperasi di Jakarta. Investasi Capital Sovereign melengkapi investasi yang terlebih dahulu sudah dikucurkan perusahaan modal ventura lainnya, East Ventures.

Tahun lalu BerryKitchen meraih pendanaan dalam jumlah yang tidak disebutkan dari East Ventures. Sebelumnya, perusahaan yang melayani katering secara online itu juga meraih kucuran investasi sebesar US$ 43.700 dari ANGIN (Angel Investment Network), sebuah program yang diselenggarakan oleh GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia).

Menurut e27.co, yang melaporkan berita ini, BerryKitchen didirikan pada tahun 2012 oleh dua pengusaha muda, Cynthia Tenggara dan Ivan De Putra. Perusahaan katering online ini menarget pasar eksekutif muda di Jakarta. Melalui perusahaan ini, Cynthia dan Ivan menjual berbagai macam jenis makanan untuk kebutuhan makan siang, makan malam, ataupun waktu santai.

Katering BerryKitchen memungkinkan pelanggan memilih sendiri menu makan siang sesuai dengan selera. Setiap hari katering ini menawarkan lebih dari 15 pilihan menu baru yang dapat dikombinasikan. Dan pemesanan dapat dilakukan secara online melalui website BerryKitchen.

Sementara itu, BerryKitchen juga menyediakan menu Bento, berbagai macam paket pilihan menu yang bisa diorder dan diantarkan saat itu juga. Bento BerryKitchen menawarkan berbagai variasi menu mulai chinese food, Indonesia dan juga Barat.

Pembayaran atas jasa katering ini dijalankan dengan 'kredit." Pelanggan terlebih dahulu membeli 'kredit' yang memungkionkan mereka untuk menebus pesanan makan siang mereka.

Selain itu, perusahaan ini juga memiliki menu Ready to Cook, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin memasak sendiri. BerryKitchen menyederhanakan proses belanja pelanggan dengan membantu mereka untuk membeli jenis dan kuantitas bahan yang diperlukan. Bahan-bahan tersebut kemudian dikirim ke pelanggan berdasarkan resep.

Menurut data di website mereka per 13 Juli pukul 19:00, perusahaan ini telah mengirimkan 250.605 kotak makanan dengan kepuasan pelanggan 98 persen.

Capital Sovereign menilai, BerryKitchen akan memiliki posisi yang baik untuk membuat dampak pada industri makanan di Tanah Air. Menurut mereka, platform teknologi BerryKitchen disamping pendekatan yang sederhana dalam melakukan integrasi layanan, sangat menarik.

"Kami percaya bahwa konsep ini adalah sesuatu yang banyak dicari oleh orang Jakarta - makanan berkualitas tinggi, dengan harga yang wajar, dikirimkan tepat ke depan pintu Anda, "kata Luke Roush, Co-Founder dan Manajer Kepala Capital Sovereign.

BerryKitchen berencana menggunakan dana tersebut untuk memperbesar skala bisnis dan mencapai pertumbuhan eksponensial secara cepat. Perusahaan ini juga merencanakan ekspansi ke luar Indonesia.

"Dalam setahun, kami berharap dapat melayani lima kali lebih banyak orang per hari. Kami akan membuka dapur tambahan untuk membantu mencapai target ini, yang akan memperluas jangkauan geografis kami baik di luar di mana sekarang ini kami beroperasi," kata Cynthia Tenggara, Co-Founder dan CEO BerryKitchen.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home