Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:59 WIB | Kamis, 07 Oktober 2021

Irak dan Iran Bertukar Jasad Korban Perang 1980-1988

Pertukaran jenazah korban perang Iran dan Irak hari Rabu (6/10). (Foto: Twitter)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Irak dan Iran pada hari Rabu (6/10) bertukar jasad 31 tentara yang tewas dalam perang 1980-1988 antara kedua negara yang sejak itu menjadi sekutu, kata Palang Merah.

“Di bawah naungan ICRC, sisa-sisa 11 tentara Irak & 20 Iran dipulangkan ke tanah air masing-masing hari ini,” kata Komite Palang Merah Internasional di Twitter.

Dikatakan pertukaran itu terjadi di pos perbatasan Shalamcheh di wilayah Basra di Irak selatan.

“Kami akan terus mendukung otoritas terkait dalam memberikan jawaban kepada keluarga yang hilang,” sejak gencatan senjata yang ditengahi PBB yang mengakhiri perang, katanya.

Beberapa upacara pertukaran telah diadakan dalam beberapa tahun terakhir, dengan ratusan jenazah dipindahkan ke negara asal mereka berdasarkan kesepakatan tahun 2008 dengan ICRC.

“Lebih dari 30 tahun telah berlalu sejak berakhirnya konflik dan ribuan keluarga di kedua belah pihak masih belum mengetahui nasib orang yang mereka cintai,” kata ICRC pada bulan April.

Perang menelan ratusan ribu nyawa di kedua sisi, tetapi Iran telah menjadi semakin berpengaruh di Irak sejak invasi pimpinan Amerika Serikat pada tahun 2003 yang menggulingkan Presiden Irak, Saddam Hussein. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home