Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:24 WIB | Kamis, 28 Juli 2022

Irak: Demonstran Duduki Gedung Parlemen, Protes Calon PM Dukungan Iran

Demonstran adalah pendukung ulama Syiah Muqtada Al-Sadr.
Irak: Demonstran Duduki Gedung Parlemen, Protes Calon PM Dukungan Iran
Demonstran Irak memasuki gedung parlemen di Baghdad, Irak, Rabu, Juli. 27 Oktober 2022. Mayoritas pengunjuk rasa adalah pengikut ulama Syiah berpengaruh Muqtada al-Sadr. Para demonstran, semuanya laki-laki, terlihat berjalan di atas meja di lantai parlemen, duduk di kursi anggota parlemen dan mengibarkan bendera Irak. (Foto: AP/Ali Abdul Hassan)
Irak: Demonstran Duduki Gedung Parlemen, Protes Calon PM Dukungan Iran
Mohammed al-Sudani, Menteri Tenaga Kerja dan Sosial menunjukkan jarinya yang bernoda tinta setelah memberikan suaranya dalam pemilihan parlemen negara itu di Zona Hijau yang dijaga ketat di Baghdad, Irak, 12 Mei 2018 (Foto: dok. AP/Karim Kadim)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Ratusan pengunjuk rasa Irak memasuki gedung parlemen Irak di Baghdad pada hari Rabu (27/7) meneriakkan kutukan anti Iran dalam demonstrasi menentang calon perdana menteri oleh partai-partai yang didukung Iran.

Mayoritas pengunjuk rasa adalah pengikut ulama Syiah berpengaruh, Muqtada al-Sadr. Para demonstran, semuanya laki-laki, terlihat berjalan di atas meja di lantai parlemen, membolak-balik map, duduk di kursi anggota parlemen dan mengibarkan bendera Irak. Insiden itu meningkatkan taruhannya dalam perjuangan politik untuk Irak hampir 10 bulan setelah pemilihan federal.

Tidak ada anggota parlemen yang hadir. Hanya pasukan keamanan yang berada di dalam gedung dan mereka tampaknya mengizinkan para pengunjuk rasa masuk dengan relatif mudah.

Para demonstran memprotes pemilihan Mohammed Al-Sudani baru-baru ini sebagai calon resmi blok “Koordinasi Kerangka Kerja”, sebuah koalisi yang dipimpin oleh partai-partai Syiah yang didukung Iran dan sekutu mereka.

Itu adalah protes terbesar sejak pemilihan federal diadakan pada bulan Oktober, dan untuk kedua kalinya al-Sadr menggunakan kemampuannya untuk memobilisasi massa untuk mengirim pesan kepada saingan politiknya bulan ini.

Sebelumnya pada bulan Juli, ribuan orang mengindahkan seruannya untuk shalat berjamaah, sebuah peristiwa yang dikhawatirkan banyak orang akan berubah menjadi protes yang tidak stabil.

Beberapa jam setelah para pengikutnya menduduki parlemen, al-Sadr mengeluarkan pernyataan di Twitter yang mengatakan kepada mereka bahwa pesan mereka telah diterima, dan “untuk kembali dengan selamat ke rumah Anda,” menandakan tidak akan ada eskalasi lebih lanjut untuk aksi duduk tersebut.

Tak lama setelah itu, pengunjuk rasa mulai keluar dari gedung parlemen dengan pengawasan pasukan keamanan.

Insiden itu, dan pertunjukan kontrol al-Sadr selanjutnya atas para pengikutnya, membawa peringatan implisit kepada aliansi “Koordinasi Kerangka Kerja” tentang potensi eskalasi yang akan datang jika pemerintah dibentuk dengan al-Sudani di pucuk pimpinan.

Kemampuan Al-Sadr untuk memobilisasi dan mengendalikan pengikut akar rumputnya yang besar memberinya pengaruh yang kuat atas para pesaingnya. Dengan cara yang sama, para pengikutnya menyerbu Zona Hijau pada tahun 2016 dan memasuki gedung parlemen negara itu untuk menuntut reformasi politik.

Sebelumnya pada hari itu, para demonstran menerobos Zona Hijau Baghdad yang dijaga ketat, yang menampung parlemen dan gedung-gedung pemerintah lainnya, serta kedutaan asing.

Para pengunjuk rasa meneriakkan kutukan terhadap Iran dan berkata, “Sudani, keluar!”

Polisi anti huru hara telah berusaha untuk mengusir para pengunjuk rasa menggunakan meriam air, tetapi para demonstran memanjat dinding penghalang semen dan menarik lempengan-lempengan menggunakan tali untuk memasuki Zona Hijau.

Para demonstran berjalan menyusuri jalan raya utama zona itu dengan sedikit perlawanan dari pasukan keamanan. Seorang petugas keamanan terlihat menyodorkan botol air minum kepada pengunjuk rasa.

Sementara Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi menyerukan ketenangan dan pengekangan, dan para pengunjuk rasa untuk “segera mundur” dari daerah tersebut.

Al-Sadr baru-baru ini mengundurkan diri dari proses politik meskipun telah memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan federal bulan Oktober.

Al-Sudani dipilih oleh pemimpin negara hukum dan mantan perdana menteri Nouri al-Maliki. Sebelum al-Sudani dapat menghadapi parlemen untuk duduk secara resmi sebagai perdana menteri, partai-partai harus terlebih dahulu memilih presiden. Para pengunjuk rasa juga meneriakkan: "Maliki, sampah!"

Blok “Koordinasi Kerangka Kerja”, dalam sebuah pernyataan, mengatakan mereka telah mengetahui "seruan yang mendesak kekacauan, memicu perselisihan," dalam 24 jam terakhir sejak pencalonan al-Sudani.

Perserikatan Bangsa-bangsa mengatakan warga Irak memiliki hak untuk memprotes tetapi "penting agar demonstrasi tetap damai dan mematuhi hukum," dalam sebuah pernyataan.

Al-Sadr keluar dari pembicaraan pembentukan pemerintah setelah dia tidak dapat mengumpulkan cukup banyak anggota parlemen untuk mendapatkan mayoritas yang diperlukan untuk memilih presiden Irak berikutnya.

Dengan mengganti anggota parlemennya, pemimpin blok “Koordinasi Kerangka Kerja” mendorong ke depan untuk membentuk pemerintahan berikutnya. Banyak yang takut melakukan hal itu juga membuka pintu bagi protes jalanan yang diselenggarakan oleh pengikut al-Sadr dan ketidakstabilan akar rumput yang besar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home