Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:09 WIB | Senin, 21 Desember 2015

Irak Sambut Baik Penarikan Pasukan Militer Turki

Pada hari Sabtu (19/12), Turki mengumumkan bahwa negara itu mulai menarik tentaranya dari Irak utara guna meredakan ketegangan dengan Baghdad. (Foto: stratfor.com)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM – Baghdad, hari Minggu (20/12), menyambut baik keputusan Turki untuk menarik pasukan militernya dari Irak utara, namun menegaskan bahwa Irak akan meningkatkan upaya di Perserikatan Bangsa-bangsa agar Ankara menarik seluruh tentaranya.

“Laporan yang kini tersebar di media merupakan sebuah kemajuan,” kata Menteri Luar Negeri, Ibrahim Al Jaafari seperti dikutip juru bicara kementerian.

“Kami akan terus berupaya di Dewan Keamanan PBB hingga penarikan pasukan secara penuh dilakukan,” imbuhnya.

Pada hari Sabtu, Turki mengumumkan bahwa negara itu mulai menarik tentaranya dari Irak utara guna meredakan ketegangan dengan Baghdad. Penarikan dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat Barack Obama menghubungi pihak Ankara.

“Dengan mempertimbangkan sensitivitas di pihak Irak… Turki akan terus melakukan penarikan pasukan” dekat Mosul, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki.

Sebelumnya pada bulan ini, Turki mengerahkan pasukan ke sebuah pangkalan militer di Provinsi Nineveh yang menjadi lokasi Ankara menggelar pelatihan bagi pasukan anti-ISIS.

Ankara berdalih pengerahan tersebut merupakan kegiatan rutin dan perlu dilakukan untuk melindungi para pelatih, sementara Baghdad menyatakan hal itu dilakukan secara ilegal dan sudah mengadukan masalah tersebut kepada Dewan Keamanan. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home