Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:34 WIB | Jumat, 12 Agustus 2016

Iran Siap Impor iPhone

Foto: apple.com

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM - Iran sedang bersiap untuk memungkinkan perusahaan lokal mengimpor iPhone untuk pertama kalinya demi membendung penyelundupan produk Apple, seperti dilansir media pemerintah hari Kamis (11/8).

Kementerian Perdagangan meminta izin dari Organisasi Promosi Perdagangan negara tersebut untuk memperbolehkan sembilan perusahaan Iran mengimpor iPhone, menurut kantor berita Tasnim.

Toko-toko Apple tidak resmi bertebaran di pusat perbelanjaan kelas atas Teheran, dan banyak pemuda dan penduduk kaya negara tersebut memakai model iPhone terbaru.

Pemerintah sebelumnya dianggap menutup mata terhadap penyundupan besar-besaran ponsel dan produk negara Barat tapi Tasnim melaporkan terjadi penindakan keras dalam dua bulan terakhir yang mengakibatkan harga iPhone melonjak.

Tasnim mengatatakan Iran sedang bersiap mendaftarkan ponsel untuk pertama kalinya sebagai bagian dari upaya antipenyelundupan, dan bahwa hanya ponsel yang diimpor secara legal yang bisa dioperasikan setelah sistem baru diberlakukan dalam beberapa pekan mendatang.

Bahkan jika izin diberikan, masih belum diketahui apakah perusahaan Iran bisa membeli iPhone secara internasional, mengingat Iran masih dikenai saksi Amerika Serikat (AS) yang memblokir sebagian besar sistem perbankan internasional. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home