Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 01:12 WIB | Senin, 19 Desember 2022

Iran Tahan Aktris Pemenang Oscar karena Dia Mendukung Protes

Foto bertanggal 21 Mei 2016 memperlihatkan aktris Taraneh Alidoosti saat sesi pemotretan untuk film "Forushande" (The Salesman) di festival film internasional ke-69, Cannes, Prancis selatan. Otoritas Iran menangkap Alidoosti, salah satu aktris paling terkenal di negara itu atas tuduhan menyebarkan kebohongan tentang protes nasional yang melanda negara itu, kata media pemerintah pada Sabtu, 17 Desember 2022. (Foto: dok. AP/Joel Ryan)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Iran menangkap salah satu aktris paling terkenal di negara itu pada hari Sabtu (17/12) atas tuduhan menyebarkan kebohongan tentang protes nasional yang mencengkeram negara itu, kata media pemerintah.

Laporan oleh IRNA mengatakan Taraneh Alidoosti, bintang film pemenang Oscar "The Salesman," ditahan sepekan setelah dia membuat postingan di Instagram yang menyatakan solidaritas dengan pria pertama yang baru-baru ini dieksekusi karena kejahatan yang diduga dilakukan selama protes.

Pengumuman tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian penangkapan selebritas, yang mencakup pesepakbola, aktor, dan influencer, sebagai tanggapan atas dukungan terbuka mereka untuk demonstrasi anti pemerintah yang sekarang memasuki bulan ketiga.

Menurut laporan yang dipublikasikan di saluran Telegram resmi media pemerintah, Alidoosti ditangkap karena dia tidak memberikan "dokumen apa pun yang sesuai dengan klaimnya".

Dikatakan bahwa beberapa selebritas Iran lainnya juga telah "dipanggil oleh badan peradilan karena menerbitkan konten yang provokatif," dan beberapa telah ditangkap. Namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dalam postingannya, aktris berusia 38 tahun itu mengatakan: ″Namanya Mohsen Shekari. Setiap organisasi internasional yang menyaksikan pertumpahan darah ini dan tidak mengambil tindakan, adalah aib bagi umat manusia.”

Shekari dieksekusi pada 9 Desember setelah didakwa oleh pengadilan Iran karena memblokir jalan di Teheran dan menyerang seorang anggota pasukan keamanan negara itu dengan parang.

Pada bulan November, Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi, dua aktris terkenal Iran lainnya, ditangkap oleh pihak berwenang karena mengungkapkan solidaritas dengan pengunjuk rasa di media sosial. Voria Ghafouri, seorang pemain sepak bola Iran, juga ditangkap bulan lalu karena “menghina tim sepak bola nasional dan mempropagandakan pemerintah.” Ketiganya telah dibebaskan.

Sejak September, Alidoosti terang-terangan mengungkapkan solidaritasnya kepada pengunjuk rasa setidaknya dalam tiga postingan di Instagram. Akunnya, yang memiliki sekitar delapan juta pengikut, telah ditangguhkan.

Pekan lalu, Iran mengeksekusi tahanan kedua, Majidreza Rahnavard, sehubungan dengan protes tersebut. Tubuh Rahnavard dibiarkan tergantung di derek konstruksi sebagai peringatan mengerikan bagi orang lain. Otoritas Iran menuduh Rahnavard menikam dua anggota pasukan paramiliternya.

Baik Shekari dan Rahnavard dieksekusi kurang dari sebulan setelah mereka didakwa, menggarisbawahi kecepatan di mana Iran sekarang melaksanakan hukuman mati yang dijatuhkan atas dugaan kejahatan terkait demonstrasi. Aktivis mengatakan setidaknya selusin orang telah dijatuhi hukuman mati dalam sidang tertutup. Iran adalah salah satu algojo top dunia.

Iran telah diguncang oleh protes sejak kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun pada 16 September, yang meninggal setelah ditahan oleh polisi moralitas. Protes sejak itu berubah menjadi salah satu tantangan paling serius terhadap teokrasi Iran yang dipasang oleh Revolusi Islam 1979.

Alidoosti sebelumnya mengkritik pemerintah Iran dan kepolisiannya sebelum protes tahun ini. Pada Juni 2020, dia dijatuhi hukuman penjara lima bulan yang ditangguhkan setelah dia mengkritik polisi di Twitter pada tahun 2018 karena menyerang seorang perempuan yang telah melepas jilbabnya.

Setidaknya 495 orang tewas dalam demonstrasi di tengah tindakan keras keamanan, menurut Aktivis Hak Asasi Manusia di Iran, sebuah kelompok yang telah memantau protes sejak dimulai. Lebih dari 18.200 orang telah ditahan oleh pihak berwenang.

Film terkenal lainnya yang pernah dibintangi Alidoosti antara lain "The Beautiful City" dan "About Elly". (AP)

Editor: Sabar Subekti

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home