Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 10:54 WIB | Senin, 22 Juli 2013

Iran Undang Amerika dan Uni Eropa Hadiri Pelantikan Presiden Rouhani

Presiden terpilih Iran, Hassan Rouhani (foto: hareezt.com)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Luar Negeri Iran untuk pertama kalinya mengundang perwakilan Amerika Serikat dan negara Uni Eropa untuk menghadiri upacara pelantikan presiden baru, Hassan Rouhani. Demikian laporan dari kantor berita ISNA Minggu (21/7).

Presiden terpilih Hassan Rouhani, yang memenangkan lebih dari setengah suara dalam pemilu 14 Juni lalu, dijadwalkan akan dilantik pada tanggal 4 Agustus.

Saat kampanye pemilihan presiden, Rouhani berjanji untuk menggunakan "jalan tengah" dan bertekat membuat keterbukaan yang lebih besar atas program nuklir di negaranya, yang mana program nuklir itu selama ini telah menjadikan Iran terlibat perselisihan dengan Barat hingga mendapat sangsi ekonomi dari PBB.

Para pengamat mengatakan langkah itu bisa menjadi langkah awal dari rangkaian kebijakan Rouhani - seorang ulama moderat yang berani melawan kebijakan isolasi dari Presiden Mahmoud Ahmadinejad - untuk mengembangkan negara dan hubungan suram selama ini dengan Barat.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan bahwa undangan telah dikirimkan pada semua pemimpin dunia. Presiden Afghanistan Hamid Karzai sudah mengkonfirmasi jika ia akan menghadiri pelantikan.

Untuk Israel, dimana Republik Islam itu tidak mengakui negaranya, mungkin tidak akan menghadiri pelantikan nanti. (hareetz.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home