Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:00 WIB | Rabu, 15 Desember 2021

Irlandia: 11% Kasus COVID-19 dari Varian Omicron

Seorang petugas kesehatan mengarahkan orang-orang di pusat pengujian untuk COVID-19 yang dioperasikan oleh layanan ambulans di Dublin, Irlandia pada 25 Maret 2021. (Foto: dok. AFP)

DUBLIN, SATUHARAPAN.COM-Varian Omicron kemungkinan menyumbang 11 persen dari kasus COVID-19 baru di Irlandia, KATA kepala kesehatannya pada hari Senin (13/12), memprediksi peningkatan yang sangat cepat dalam proporsi infeksi Omicron dalam beberapa hari mendatang di tengah kemungkinan penularan masyarakat yang meluas.

Irlandia sejauh ini telah mengkonfirmasi 18 kasus varian melalui sekuensing seluruh genom dari rata-rata 4.000 kasus COVID-19 yang telah dilaporkan setiap hari. Sifat yang membedakan Omicron dari varian Delta yang dominan menunjukkan jumlah yang jauh lebih tinggi, kata Tim Darurat Kesehatan Masyarakat Nasional.

“Dengan menggunakan metodologi ini, kami memperkirakan bahwa 11 persen kasus sekarang disebabkan oleh varian Omicron, meningkat dari kurang dari satu persen hanya pada satu pekan yang lalu,” kata Kepala Petugas Medis Irlandia, Tony Holohan, dalam sebuah pernyataan.

Lebih dari 90 persen dari 3,9 juta orang Irlandia yang memenuhi syarat di atas usia 12 tahun telah divaksinasi lengkap, salah satu negara dengan tingkat perlindungan tertinggi di Eropa, dan telah memberikan 1,2 juta dosis vaksin boosterlebih lanjut.

Pemerintah, yang telah menutup klub malam dan membatasi kapasitas dan jam buka bar, restoran, dan acara dalam ruangan, berjanji untuk mempercepat kampanye vaksin booster pekan ini.

Ini juga akan memotong kesenjangan antara penyelesaian jadwal utama vaksinasi COVID-19 dan dosis booster menjadi tiga bulan dari lima bulan, kata Menteri Kesehatan Stephen Donnelly pada hari Senin,

Sementara jumlah infeksi COVID-19 telah stabil pada tingkat yang mendekati rekor dalam beberapa pekan terakhir, proporsi orang yang dites positif turun secara bertahap, dan jumlah di rumah sakit dan yang membutuhkan perawatan kritis turun. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home