Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:26 WIB | Jumat, 08 April 2016

ISIS Culik 300 Pekerja Pabrik Semen di Damaskus

Pabrik Semen Al-Badiyeh di pinggiran Damaskus. Sekitar 300 karyawannya diculik ISIS. (Foto: dari SANA)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM – Sebuah kelompok yang berafiliasi dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS atau ISIS) menculik lebih dari 300 pekerja dan kontraktor pabrik semen di wilayah Abu Al-Shamat, di daeah pedesaan ibu kota Suriah, Damaskus.

Sebuah sumber di Departemen Perindustrian Suriah yang dikutip kantor berita resmi, SANA, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Kementerian telah mengontak administrasi Perusahaan Semen Al-Badiyeh untuk menanyakan tentang penculikan. Perusahaan memberi tahu  bahwa lebih dari 300 pekerja dan kontraktor ditahan oleh kelompok ISIS.

Perusahaan menginformasikan bahwa sejauh ini belum bisa berkomunikasi dengan salah satu orang yang diculik, kata sumber tersebut menambahkan.

Kementerian mencoba berhubungan dengan perusahaan dan pihak terkait untuk mempelajari tempat para pekerja diculik dan mengupayakan agar mereka dibebaskan.

 Nadim Kreizan, seorang pegiat pada komite rekonsiliasi setempat di daerah Jeiroud, mengatakan bahwa penduduk kota Jeiroud, berada dekat kawasan perusahaan, melihat sekitar 125 pekerja yang diculik dan diangkut kendaraan oleh ISIS menuju ke Tal Dakweh di pinggiran tiimur Ghouta. Wilayah itu dikuasai oleh ISIS dan kelompok yang berafiliasi dengannya.

Komite rekonsiliasi bekerja sama dengan penduduk setempat di kota Jeiroud, pada hari Rabu (6/4) menerima 106 pekerja dari pabrik milih Tiongkok di daerah Al-Dmeir yang lari karena ketakutan oleh serangan ISIS, kata Kreizan menambahkan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home