Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 17:10 WIB | Sabtu, 04 Maret 2017

Islam Jadi Agama Terbesar Dunia Lampaui Kristen Tahun 2070

Ilustrasi. Jemaah perempuan sedang salat. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Dedy Istanto)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Islam akan melampaui Kristen sebagai agama paling besar penganutnya pada tahun 2070, menurut riset terbaru yang diterbitkan oleh Pew Research Center, sebuah lembaga penelitian yang berbasis di Washington.

Menurut studi mereka, agama Islam satu-satunya agama yang jumlah penganutnya tumbuh lebih cepat dibanding pertumbuhan populasi dunia. Penganut agama Islam diperkirakan akan tumbuh 73 persen antara tahun 2010 dan 2050, dibandingkan dengan Kristen yang hanya tumbuh 35 persen pada rentang waktu yang sama.

Menurut riset tersebut, pendorong utama pertumbuhannya adalah pertumbuhan umat Muslim di negara-negara seperti Indonesia, Pakistan dan Bangladesh.

Pada tahun 2010, penduduk dunia beragama Islam sebanyak 1,6 miliar, sedangkan yang beragama Kristen 2,7 miliar.

Berdasarkan kompilasi angka dari berbagai laporan Pew, ditemukan bahwa jika kedua penganut agama itu tumbuh pada tingkat yang sama seperti sekarang, maka pada tahun 2050 jumlah penduduk dunia beragama Kristen akan mencapai 2,6 miliar dan Kristen 2,92 miliar. Pada tahun 2070, menurut Pew, umat Muslim akan lebih banyak daripada Kristen.

Berdasarkan perkiraan yang sama, pada tahun 2050 India akan melampaui Indonesia sebagai negara berpenduduk Islam terbesar dunia.

Salah satu penyebab pesatnya pertumbuhan penganut agama Islam adalah tingkat kesuburan (fertilitas). Tingkat kesuburan penduduk beragam Islam merupakan yang tertinggi, 3,1 anak per satu perempuan sedangkan Kristen hanya 2,7 anak per satu perempuan.

Islam juga paling banyak menarik pengikut muda.

Anak-anak berusia di bawah 15 tahun mencapai 34 persen di kalangan Islam, bandingkan dengan rata-rata global yang hanya 27 persen.

Laporan itu juga memperkirakan bahwa Kekristenan akan menurun seiring dengan semakin banyaknya orang yang menjadi tidak beragama atau mengubah keyakinannya.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home