Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:29 WIB | Rabu, 19 Februari 2020

Israel Bentuk Komando Hadapi Ancaman Iran

Pasukan Israel di menara pengawas yang memantau perbatasan dengan Gaza. (Foto: dok. dari AP)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Militer Israel akan membentuk cabang khusus di bawah staf umum yang bertugas menghadapi ancaman dari Iran, katanya hari Selasa (18/2). Dan akan menunjuk seorang jenderal untuk memimpinnya. Ini adalah bagian dari restrukturisasi yang lebih luas pada staf umum.

Sebuah pernyataan oleh militer menyebutkan beberapa perincian tentang komando baru itu, meskipun sifat pekerjaan cabang baru itu "belum ditentukan." Langkah itu merespons pentingnya melindungi tempat-tempat Israel pada ancaman yang dilihatnya berasal dari Iran.

Iran memiliki pasukan yang berbasis di Suriah, tetangga di sebelah utara Israel, dan mendukung gerilyawan Hizbullah di Lebanon. Di Gaza, Iran memasok kelompok Jihad Islam dengan uang tunai, senjata dan pelatihan, dan juga mendukung Hamas, kelompok militan Islam yang menguasai wilayah pesisir itu. Israel juga menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir, meskipun Iran menolak tuduhan itu.

Israel berulang kali menyerang target terkait Iran di Suriah dalam beberapa tahun terakhir dan telah memperingatkan kehadiran permanen pasukan Iran di perbatasan. Dan pertempuran melawan Iran semakin terbuka, dengan pasukan Iran dan Israel terlibat dalam konfrontasi langsung.

Pada bulan November, militer Israel mengatakan jet tempurnya menyerang beberapa sasaran milik pasukan elit Quds Iran, termasuk peluru kendali darat ke udara, gudang senjata, dan pangkalan militer.

Israel juga telah menyerang sejumlah sasaran militer Iran di Suriah, termasuk fasilitas penyimpanan amunisi, sebuah situs intelijen dan sebuah kamp pelatihan militer, sebagai tanggapan atas serangan rudal Iran sehari sebelumnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home