Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:25 WIB | Jumat, 15 Juli 2022

Israel dan AS Sepakat Tolak Senjata Nuklir Iran

Presiden AS Joe Biden (kiri) mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Israel Yair Lapid di sebuah hotel di Yerusalem pada 14 Juli 2022. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan Perdana Menteri Israel, Yair Lapid, berjanji pada hari Kamis (14/7) untuk menolak senjata nuklir Iran, sebuah pertunjukan persatuan oleh sekutu yang telah lama terpecah karena diplomasi dengan Teheran.

“Satu-satunya cara untuk menghentikan nuklir Iran adalah jika Iran tahu dunia bebas akan menggunakan kekuatan,” kata PM Israel, Yair Lapid, dalam konferensi pers setelah penandatanganan.

Upaya itu, bagian dari “Deklarasi Yerusalem” yang memahkotai kunjungan pertama Biden ke Israel sebagai presiden, menyusul pernyataannya kepada sebuah stasiun TV lokal bahwa dia terbuka untuk penggunaan kekuatan “upaya terakhir” terhadap Iran. Ini sebuah langkah nyata untuk mengakomodasi seruan Israel pada "ancaman militer yang kredibel" oleh kekuatan dunia.

Washington dan Israel secara terpisah membuat pernyataan terselubung tentang kemungkinan perang pendahuluan dengan Iran, yang menolak upaya membuatsenjata nuklir, selama bertahun-tahun. Namun, apakah mereka memiliki kemampuan atau kemauan untuk mewujudkan hal ini masih menjadi perdebatan.

Pernyataan hari Kamis, yang dirilis ke media menjelang upacara penandatanganan resmi, menegaskan kembali dukungan AS untuk keunggulan militer regional Israel dan kemampuan “untuk mempertahankan dirinya sendiri.”

"AS menekankan bahwa bagian integral dari janji ini adalah komitmen untuk tidak pernah mengizinkan Iran memperoleh senjata nuklir, dan bahwa ia siap untuk menggunakan semua elemen kekuatan nasionalnya untuk memastikan hal itu," tambah pernyataan itu.

Belum ada komentar langsung dari Teheran.

Pada 2015, Iran menandatangani kesepakatan internasional yang membatasi proyek nuklir Iran dengan potensi pembuatan bom. Pada tahun 2018, Presiden AS saat itu Donald Trump keluar dari pakta tersebut, menganggapnya tidak cukup, penarikan yang disambut oleh Israel.

Iran sejak itu meningkatkan beberapa kegiatan nuklir, menempatkan waktu yang terus berjalan pada upaya kekuatan dunia untuk kembali ke kesepakatan dalam pembicaraan Wina. Israel sekarang mengatakan akan mendukung kesepakatan baru dengan ketentuan yang lebih ketat. Iran telah menolak keras untuk tunduk pada pembatasan lebih lanjut.

“Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada Iran yang ada sekarang adalah Iran dengan senjata nuklir, dan jika kita dapat kembali ke kesepakatan, kita dapat menahan mereka dengan erat,” kata Biden kepada TV Israel pada hari Rabu.

Pandangan pada Arab Saudi

Selain meningkatkan pencegahan dan komitmen bersama sekutu, proyeksi kekuatan pernyataan itu juga dapat menawarkan dorongan kepada Biden ketika ia melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi pada hari Jumat (15/7). Riyadh memiliki kekhawatiran sendiri paa Iran, dan Biden berharap untuk memasukkannya ke dalam pemulihan hubungan Saudi-Israel di bawah naungan AS.

Sebelumnya pada hari Kamis, Biden mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan Lapid telah membahas “betapa pentingnya, dari sudut pandang saya, bagi Israel untuk sepenuhnya terintegrasi ke dalam kawasan”. Lapid, pada gilirannya, menganggap perjalanan Biden ke Saudi “sangat penting bagi Israel.”

Beberapa pejabat Israel serta Teluk Arab percaya bahwa keringanan sanksi kesepakatan nuklir akan memberi Iran lebih banyak uang untuk mendukung pasukan proksi di Lebanon, Suriah, Yaman, dan Irak. Mereka juga skeptis tentang apakah pemerintahan Biden akan berbuat banyak untuk melawan kegiatan regional Iran.

Seorang pejabat AS, ditanya apakah deklarasi hari Kamis adalah tentang mengulur waktu dengan Israel ketika Washington mengejar negosiasi dengan Iran, mengatakan: “Jika Iran ingin menandatangani kesepakatan yang telah dinegosiasikan di Wina, kami telah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa kami siap untuk melakukan itu. Dan, pada saat yang sama, jika tidak, kami akan terus meningkatkan tekanan sanksi kami, kami akan terus meningkatkan isolasi diplomatik Iran.”

Seorang pejabat senior Israel menggambarkan ancaman aksi militer sebagai cara untuk menghindari perang.

“(Ini) adalah jaminan bahwa upaya diplomatik, ekonomi dan hukum terhadap Iran akan efektif,” kata direktur jenderal Kementerian Pertahanan Amir Eshel kepada radio Kan Israel. “Iran telah menunjukkan kepada semua orang bahwa ketika ditekan keras, ia tahu bagaimana berhenti dan mengubah caranya.”

Deklarasi Yerusalem selanjutnya berkomitmen Amerika Serikat dan Israel untuk bekerja sama dalam proyek-proyek pertahanan seperti senjata pencegat laser, serta pada teknologi sipil.

AS terbuka untuk hibah pertahanan masa depan ke Israel, kata pernyataan itu, menegaskan kembali minat Washington dalam menghidupkan kembali pembicaraan tentang solusi dua negara Israel-Palestina. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home