Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:02 WIB | Jumat, 21 Mei 2021

Israel dan Hamas Gencatan Senjata, Biden Pertama Kali Bicara Terbuka

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Ketiak menyampaikan pidato terbuka pertamanya tentyang konflik Israel-Palestina. (Foto: AP/Evan Vucci)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, secara terbuka membicarakan kekerasan selama 11 hari antara Palestina dan Israel. Ini dilakukan untuk pertama kalinya pada hari Kamis (20/5). Dia mengatakan ada peluang nyata untuk perdamaian setelah semua pihak menyetujui gencatan senjata.

Biden mengatakan dia berbicara dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, sebelum pidatonya. Dia mengatakan orang Mesir, yang telah memainkan peran mediasi kunci, menyampaikan bahwa Hamas juga telah menyetujui gencatan senjata.

Dia berbicara segera setelah Israel dan Hamas mengumumkan gencatan senjata yang mulai berlaku pada pukul 02:00 pagi waktu setempat pada hari Jumat (21/5), mengakhiri perang 11 hari yang menyebabkan kehancuran luas di Jalur Gaza dan membuat banyak kehidupan di Israel terhenti. Pertempuran itu menewaskan sedikitnya 227 di Gaza dan 12 di Israel.

Namun Presiden AS itu mendedikasikan sebagian besar pidatonya selama empat menit untuk memuji Israel dan mendukung "hak untuk membela diri" Tel Aviv. Biden juga mengungkapkan bahwa AS akan mengisi apa yang disebut Iron Dome dengan rudal. Sistem pertahanan udara dilengkapi dengan baterai dan rudal buatan AS.

Mengenai masa depan solusi untuk konflik Palestina-Israel selama puluhan tahun, Biden menyuarakan keyakinannya bahwa sekarang ada "kesempatan sejati" untuk kemajuan menuju perdamaian.

“Saya percaya Palestina dan Israel sama-sama berhak untuk hidup dengan aman dan terjamin dan menikmati kebebasan, kemakmuran dan demokrasi yang setara,” kata Biden. "Pemerintahan saya akan melanjutkan diplomasi kami yang tenang dan tanpa henti ke arah itu."

Gencatan Senjata

Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel menerima proposal Mesir tersebut setelah pertemuan Kabinet Keamanannya pada larut malam. Hamas segera menyetujui dan mengatakan akan menghormati kesepakatan itu.

Biden, yang berbicara dengan Netanyahu enam kali dalam 11 hari terakhir, mengatakan pada Kamis bahwa perdana menteri memuji sistem pertahanan rudal Iron Dome dengan membatasi jumlah korban tewas di dalam Israel. Sistem ini dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek dan peluru artileri. Biden mengatakan dia meyakinkan Netanyahu bahwa pemerintahannya akan bekerja untuk segera mengisi kembali sistem pertahanan rudal.

Biden dan Netanyahu berbicara dua kali pada hari Kamis, pertama setelah Kabinet Israel memutuskan untuk menerima proposal Mesir, menurut seorang pejabat yang mengetahui masalah yang berbicara dengan syarat anonim. Masih ada sekitar 2,5jam sebelum gencatan senjata diberlakukan dan baik pejabat AS maupun Israel khawatir bahwa Hamas dapat menembakkan rentetan roket lagi dan membatalkan perjanjian.

Saat tenggat semakin dekat, Netanyahu menelepon Biden lagi untuk memberi tahu dia bahwa dia yakin gencatan senjata akan terus berlanjut.

Gencatan senjata diumumkan satu hari setelah Biden mengatakan kepada Netanyahu melalui pembicaraan telepon bahwa dia mengharapkan "penurunan yang signifikan" dari pertempuran pada akhir hari, menurut Gedung Putih. Tapi perdana menteri segera kembali dengan pernyataan publik bahwa dia "bertekad untuk melanjutkan" operasi Gaza "sampai tujuannya tercapai."

Mencapai Tujuan

Beberapa jam sebelum perjanjian gencatan senjata tercapai, sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan Israel telah "mencapai tujuan militer yang signifikan" dalam serangan mereka yang dimaksudkan untuk menurunkan kemampuan militer Hamas dan menegaskan kembali bahwa Biden mengharapkan Israel untuk mulai "menghentikan" operasi mereka.

"Kami percaya Israel telah mencapai tujuan militer yang signifikan yang ingin mereka capai dalam kaitannya dengan melindungi rakyat mereka dan untuk menanggapi ribuan serangan roket dari Hamas," kata Psaki.

Gedung Putih, menurut pejabat itu, tidak khawatir dengan komentar Netanyahu yang tampaknya bertentangan dengan seruan Biden untuk menurunkan ketegangan. Perdana menteri, menurut kepercayaan pejabat pemerintah, tidak ingin mengirim telegram kepada Hamas bahwa dia siap menerima persyaratan untuk mengakhiri kekerasan dan juga mengirim pesan kepada audiens domestik yang mengalami trauma oleh rentetan tembakan roket.

Biden, yang dengan sengaja menghindari komentar publik yang luas tentang serangan militer Israel melalui konflik 11 hari, menghadapi tekanan yang meningkat dari sesama Demokrat untuk berbicara menentang Israel ketika jumlah kematian meningkat di Gaza dan puluhan ribu warga Palestina mengungsi oleh pemboman udara.

Sepanjang krisis, Biden, dalam pernyataan yang diucapkan dengan hati-hati dan percakapan singkat dengan wartawan, menggarisbawahi hak Israel untuk membela diri. Tetapi ketika jumlah korban tewas dan penderitaan orang-orang yang tidak bersalah di Gaza menyebar, posisinya menjadi lebih sulit untuk dipertahankan dengan kaukus Demokratnya dan komunitas internasional.

Pada hari Selasa (18/5), saat berada di Michigan untuk mengunjungi fasilitas Ford, Perwakilan Demokrat Rashida Tlaib menghadapi Biden di landasan bandara Detroit dan memintanya untuk berbicara keras menentang serangan Israel. Sementara itu, Senator Bernie Sanders dari Vermont dan Republican Alexandria Ocasio-Cortez dari New York memperkenalkan resolusi untuk memblokir penjualan persenjataan militer senilai US$ 735 juta ke Israel yang telah disetujui oleh pemerintahan Biden.

Saat seruan dari luar meningkat agar Biden berbicara lebih tegas, Biden dan para pembantunya secara pribadi mengajukan kasus tersebut kepada pejabat Israel yang waktu itu tidak berpihak pada mereka di opini publik.

Biden dan Netanyahu telah saling kenal selama lebih dari 30 tahun dan sering bertengkar. Percakapan mereka selama krisis masih jauh dari upaya ke depan, menurut pejabat yang mengetahui percakapan para pemimpin.

Sikap AS pada Hamas

Hamas berusaha untuk menggambarkan serangan roket mereka sebagai pertahanan Yerusalem. Pejabat Israel mengajukan kasus ke Gedung Putih bahwa pesan Hamas kehilangan gaung ketika kekerasan massa terhadap orang Arab di kota-kota berpenduduk campuran di Israel diredam, termasuk kota Lod.

Biden, dalam sambutannya hari Kamis, menegaskan kembali bahwa Amerika Serikat terus "mendukung sepenuhnya hak Israel untuk mempertahankan diri dari serangan roket tanpa pandang bulu" oleh Hamas dan militan lainnya yang berbasis di Gaza.

Biden juga menyampaikan belasungkawa atas nyawa warga Palestina yang hilang selama konflik dan berjanji untuk bantuan kemanusiaan akan segera mengalir melalui Otoritas Palestina, yang mengendalikan Tepi Barat, tetapi tidak di Gaza.

"Kami akan melakukan ini dalam kemitraan penuh dengan Otoritas Palestina, bukan Hamas... dan dengan cara yang tidak mengizinkan Hamas untuk mengisi kembali persenjataan militernya," kata Biden. (AP/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home