Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:32 WIB | Selasa, 03 Mei 2022

Israel Didorong Untuk Meningkatkan Bantuan Militer ke Ukraina

Hubungan Rusia dan Israel merenggang. Ukraina sebelum invasi, mengimpor sangat sedikit senjata dari negara lain.
Didorong Bantuan militer Lithuania termasuk rudal anti pesawat Stinger, yang dikirim sebagai bagian dari paket dukungan keamanan untuk Ukraina, diturunkan dari pesawat 17 Globemaster III di Bandara Internasional Boryspil di luar Kiev, Ukraina, 13 Februari 2022. (Foto: dok. Reuters)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Israel condong ke arah untuk memperluas bantuannya ke Ukraina, termasuk bantuan militer ke negara yang diperangi.

Menurut sebuah laporan di Haaretz, para pejabat Israel mengatakan bahwa negara itu dapat mengirim "banyak barang" ke Kiev yang lebih defensif, tetapi sistem pertahanan udara, persenjataan canggih, dan sistem serangan tidak akan dikirim.

Sementara peningkatan bantuan akan menjadi "langkah substansial" dalam apa yang telah disediakan oleh negara Yahudi, laporan itu mengatakan itu akan lebih simbolis, karena "tidak termasuk pasokan dalam jumlah besar" karena bantuan yang sudah disediakan oleh Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Yerusalem, menurut laporan The Jerusalem Post, telah berusaha untuk mencapai keseimbangan antara Rusia dan Ukraina, tetapi surat kabar itu mengutip sebuah sumber yang mengatakan bahwa AS dan berbagai negara Eropa mengharapkan Israel untuk mengambil sikap yang lebih jelas mengenai di pihak mana “dan mendukung keputusannya dengan tindakan dan bukan hanya pernyataan.”

Pertemuan pejabat pertahanan direncanakan dalam beberapa hari mendatang untuk membahas platform atau pasokan apa yang dapat diberikan ke Ukraina.

Kementerian Pertahanan tidak mengomentari laporan tersebut, tetapi laporan itu muncul sepekan setelah Brigjen. (Res.) Dror Shalom, kepala divisi keamanan politik Kementerian Pertahanan, mengambil bagian dalam pertemuan puncak yang dipimpin AS yang membahas bantuan pertahanan internasional ke Ukraina.

Israel termasuk di antara total 43 negara, 29 anggota NATO dan 14 anggota non-NATO, yang menghadiri KTT di Jerman dan partisipasi Shalom dalam KTT tersebut dapat dilihat sebagai kemungkinan perubahan sikap oleh Israel, yang telah berusaha untuk mempertahankannya hubungan dekat dengan Rusia.

Dua minggu lalu, Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, mengumumkan bahwa Israel akan mengirimkan rompi pelindung dan helm untuk penyelamatan dan layanan darurat. Pengiriman itu, sebuah dorongan bantuan yang nyata menyusul kritik bahwa Israel tidak memberikan bantuan yang cukup ke Ukraina, bukan untuk militer Ukraina.

Sebagai bagian dari bantuan Israel ke Ukraina, Yerusalem juga mendirikan rumah sakit lapangan di kota Lviv dan menyumbangkan beberapa ambulans lapis baja dan 4x4 oleh layanan penyelamatan Magen David Adom.

Masalah Hubungan Israel dan Rusia

Rusia adalah pemain kunci di Suriah di mana IDF melakukan serangan udara terhadap target Iran dan Hizbullah. Ini campur tangan dalam konflik Suriah pada September 2015 di pihak Presiden Bashar Assad yang diperangi, dan Moskow dipandang sebagai kekuatan utama untuk berbicara ketika Israel ingin melakukan serangan di negara itu.

Meskipun Israel melanjutkan mekanisme keamanannya dengan Rusia ketika melakukan operasi di Suriah, Moskow baru-baru ini mengkritik serangan yang dilakukan oleh Angkatan Udara Israel.

Ikatan itu juga tegang setelah Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengklaim bahwa Hitler adalah orang Yahudi.

“Ketika mereka mengatakan 'Denazifikasi macam apa ini jika kita adalah orang Yahudi,' menurut saya Hitler juga memiliki asal-usul Yahudi, jadi itu tidak berarti apa-apa," kata Lavrov dalam sebuah wawancara dengan Rete 4 Italia pada hari Minggu (1/5). "Sudah lama kita mendengar orang-orang Yahudi yang bijak mengatakan bahwa antisemit terbesar adalah orang-orang Yahudi itu sendiri."

Para pejabat Israel menyatakan kemarahan mereka atas komentar tersebut, dengan Menteri Luar Negeri, Yair Lapid, menyebut mereka “tidak termaafkan dan keterlaluan.”

“Orang-orang Yahudi tidak membunuh diri mereka sendiri dalam Holocaust. Tingkat rasisme terendah terhadap orang Yahudi adalah menuduh orang Yahudi sendiri sebagai antisemitisme,” katanya.

Kementerian Luar Negeri memanggil duta besar Rusia untuk Israel, Anatoly Viktorov, ke sebuah pertemuan. Rusia pada hari Selasa (2/5) kemudian meningkatkan komentarnya, dengan Kementerian Luar Negeri di Moskow mengklaim bahwa Israel mendukung neo-Nazi di Ukraina.

Impor Senjata Ukraina Sangat Sedikit

Meskipun Ukraina telah berperang dengan Rusia sejak Moskow menginvasi dan mencaplok Krimea pada tahun 2014, sebuah laporan baru-baru ini oleh Institut Penelitian Perdamaian Stockholm (SIPRI) menemukan bahwa impor senjata utama Kiev antara 2017-2021 sangat terbatas.

“Pengiriman senjata ke Ukraina umumnya memiliki lebih banyak kepentingan politik daripada militer, yang semakin penting ketika ketegangan antara Rusia dan Ukraina memburuk pada akhir 2021,” tulis laporan itu.

Sementara Kiev sudah memerangi pemberontak pro Rusia di wilayah Donetsk dan Lugansk antara 2017-2021, “impor senjata utamanya tetap sangat terbatas dan diperhitungkan hanya 0,1 persen dari total impor senjata global.”

Republik Ceko adalah pemasok utama senjata utama Ukraina, menyumbang 41% dari total impor, termasuk 87 kendaraan lapis baja dan 56 buah artileri. Amerika Serikat adalah pemasok terbesar kedua Ukraina, menyumbang 31% dari semua impor ke negara Eropa Timur, termasuk 540 rudal anti-tank ringan.

Prancis, Lithuania, dan Polandia juga memasok senjata ke Ukraina, tetapi menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm, Turki "mungkin" memiliki dampak militer terbesar setelah menjual 12 pesawat udara tak berawak (drone) bersenjata ke negara yang terkepung itu.

Drone Bayraktar saat ini digunakan dalam perang, yang bertanggung jawab atas penghancuran ratusan tank, kapal, dan platform militer Rusia lainnya.

Meskipun rendahnya tingkat transfer senjata ke Ukraina sebagian dijelaskan oleh SIPRI itu karena sumber daya keuangan negara yang terbatas dan kemampuan produksi senjatanya sendiri, “hingga Februari 2022, beberapa negara pengekspor senjata terbesar telah membatasi ekspor ke Ukraina. Ukraina karena kekhawatiran bahwa transfer semacam itu dapat berkontribusi pada eskalasi konflik.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home