Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:58 WIB | Rabu, 04 Mei 2022

Israel Hormati 24 Ribu Tentara Yang Tewas Dalam Perang

Tentara Israel dan anggota keluarga tentara yang gugur berkumpul untuk upacara memperingati Memorial Day tahunan di pemakaman militer di Tel Aviv, Israel, Rabu, 4 Mei 2022. Israel menandainya untuk mengenang tentara yang tewas dalam konflik negara itu. (Foto: AP/Oded Balilty)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Israel menghormati tentara dan warga sipil yang tewas dalam perang dan oleh serangan militan, pada Rabu (4/5), dengan sirene serangan udara meraung secara nasional selama dua menit dan warga mengamati momen jeda untuk hari peringatan bagi pahlawan mereka.

Upacara dan pembacaan puisi diadakan di kuburan untuk lebih dari 24.000 orang yang hilang dalam konflik Israel, sebelum acara itu berubah lebih meriah saat matahari terbenam dengan pesta dan jembatan layang militer untuk memulai Hari Kemerdekaan. Jumat ini menandai ulang tahun ke-74 Israel.

“Saudara-saudara, jika kita tidak bersama, kita tidak akan ada sama sekali. Kita tidak memiliki keberadaan sebagai suku yang saling bertentangan, melainkan sebagai bangsa yang beragam dan bersatu,” kata Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett, pada upacara nasional di pemakaman militer Gunung Herzl di Yerusalem pada hari Rabu. “Kami semua adalah mitra. Kita semua di sini bersama dengan satu takdir, dengan satu misi.”

Pekan lalu, ketika Israel mengingat enam juta orang Yahudi yang terbunuh selama Holocaust, Bennett memohon kepada warga Israel untuk menahan diri dari saling berperang bahkan pada saat perpecahan besar dalam pemerintahan rapuh yang dipimpinnya. Dia berbicara dalam konteks ketegangan baru-baru ini dengan Palestina, tetapi juga dari pengalaman pribadi yang mendalam.

Dalam beberapa hari terakhir, keluarganya telah menerima dua ancaman pembunuhan terpisah: paket yang termasuk amunisi hidup, menuntut dia mengundurkan diri. Bennett mengatakan persatuan nasional adalah "tugas" Israel.

Pada hari peringatan itu, keluarga yang ditinggalkan mengunjungi kuburan dan menghadiri upacara peringatan, televisi dan radio mengalihkan program ke musik yang sedih, siaran upacara peringatan dan film dokumenter tentang tentara yang terbunuh.

Dalam ritual tahunan itu, bunyi sirene yang dibunyikan di seluruh negeri membuat orang-orang berhenti sejenak. Pejalan kaki berdiri diam di jalan dan pengendara berhenti di jalan raya dan berdiri dengan kepala tertunduk.

Israel telah enam kali berperang dengan negara-negara Arab tetangganya, memerangi dua pemberontakan Palestina dan mengalami sejumlah serangan militan yang mematikan sejak didirikan pada tahun 1948. Selain tentara yang tewas dalam konflik, Memorial Day itu juga menghormati lebih dari 3.000 orang yang tewas dalam serangan militan.

Ritual tahunan itu dilakukan menjelang peringatan perang 11 hari dengan penguasa militan Gaza, dan di tengah-tengah serentetan serangan Palestina baru-baru ini, serangan Israel di Tepi Barat, dan bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel di sebuah situs suci Yerusalem, kompleks puncak bukit di mana terdapat masjid Al-Aqsa, tempat tersuci ketiga dalam Islam. Ini juga merupakan situs paling suci bagi orang Yahudi, yang menyebutnya Temple Mount karena merupakan lokasi dari Bait Allah Alkitab yang dihancurkan pada zaman kuno.

Pada hari Senin, kelompok militan Palestina Hamas mengaku bertanggung jawab atas penembakan yang menyebabkan seorang penjaga keamanan Israel tewas di pintu masuk pemukiman Yahudi di Tepi Barat pekan lalu. Ini adalah pertama kalinya Hamas mengklaim serangan semacam itu yang menargetkan warga Israel di Tepi Barat yang diduduki sejak 2018. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home