Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:04 WIB | Kamis, 30 Maret 2023

Israel Lancaran Serangan Roket ke Suriah

Gambar selebaran yang dirilis oleh Kantor Berita Arab Suriah (SANA) resmi pada 24 Februari 2020, dilaporkan menunjukkan pertahanan udara Suriah mencegat rudal Israel di langit di atas ibu kota Suriah, Damaskus. (Foto SANA via AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel melakukan serangan rudal di dekat Damaskus, Suriah, hari Kamis (30/3) pagi yang melukai dua tentara, kata kementerian pertahanan Suriah.

Selama lebih dari satu dekade perang di Suriah, Israel telah melancarkan ratusan serangan udara di wilayah Suriah, terutama menargetkan pasukan yang didukung Iran dan pejuang Hizbullah, serta posisi tentara Suriah.

Ledakan terdengar di ibu kota Suriah Kamis pagi, seorang koresponden AFP melaporkan. “Sekitar pukul 01:20, musuh Israel melakukan agresi udara dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki dengan menargetkan beberapa posisi di sekitar Damaskus,” kata kementerian pertahanan Suriah.

Itu tidak memberikan perincian tentang target tetapi mengatakan serangan itu melukai dua tentara dan menyebabkan kerusakan material.

Pertahanan udara Suriah mencegat beberapa rudal, tambah kementerian itu.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan serangan itu menargetkan posisi pasukan pro Iran di selatan ibu kota, menambahkan bahwa "setidaknya satu" dari situs itu dihancurkan.

Sementara Israel jarang mengomentari serangan yang dilakukannya di Suriah, Israel telah berulang kali mengatakan tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya Iran memperluas jejaknya di sana.

Bulan lalu, serangan udara Israel menewaskan 15 orang di distrik Damaskus yang menampung badan keamanan negara, kata Observatorium saat itu.

Pekan lalu, serangan rudal Israel menghancurkan gudang senjata yang diduga digunakan oleh milisi yang didukung Iran di bandara Aleppo Suriah, kata pemantau perang.

Pada 7 Maret, tiga orang tewas dalam serangan Israel di bandara yang sama yang membuatnya tidak berfungsi. Itu dibuka kembali tiga hari kemudian. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home