Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:06 WIB | Senin, 01 April 2019

Israel Miliki Gua Garam Terpanjang di Dunia

Tim peneliti Israel telah menemukan gua garam terpanjang di dunia yakni Gua Malham, yang berada di Gunung Sodom, gunung paling besar di Israel. (Foto: bbc.com)

ISRAEL, SATUHARAPAN.COM – Tim peneliti Israel mengatakan, mereka telah menemukan gua garam terpanjang di dunia.

Lorong dan ruangan di dalam Gua Malham yang menghadap langsung ke Laut Mati itu mencapai 10 kilometer, dan rampung dipetakan selama lebih dari dua tahun.

Menurut tim peneliti, hujan diperkirakan akan memperpanjang Gua Malham lebih lanjut.

Hal ini terjadi ketika air hujan mengalir di lubang-lubang bebatuan, sehingga garam larut dan membentuk terusan semi horizontal di sepanjang aliran menuju Laut Mati.

Sebagian Gua Malham, yang berada di Gunung Sodom, gunung paling besar di Israel, telah dipetakan pada tahun 1980-an.

Dua tahun lalu, Yoav Negev dari Klub Penjelajah Gua Israel memutuskan, untuk merampungkan survei lapangan dan membentuk tim peneliti dan ahli gua.

Saat makan malam di gua, Boaz Langford dari Universitas Ibrani di Yerusalem mengatakan, para penjelajah merasa bahwa pasta yang mereka santap kurang bumbu.

"Jadi, kami memecah garam dari salah satu batuannya untuk kami gunakan," kata Boaz Langford, yang dilansir bbc.com pada Minggu (31/3).

Malham, kata tim peneliti, sekarang mengalahkan rekor gua garam terpanjang di dunia yang selama 13 tahun, dipegang oleh Cave of the Three Nudes, gua garam sepanjang 6,85 kilometer di Pulau Qeshm, Iran.

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home