Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:08 WIB | Senin, 08 Agustus 2022

Israel Serang Gaza, 10 Tewas, Termasuk Militan Senior

Israel Serang Gaza, 10 Tewas, Termasuk Militan Senior
Roket ditembakkan oleh militan Palestina ke Israel, di Kota Gaza, Jumat, 5 Agustus 2022. Para pejabat Palestina mengatakan serangan udara Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 10 orang, termasuk seorang militan senior, dan melukai 55 lainnya. (Foto: AP/Fatimah Shbair)
Israel Serang Gaza, 10 Tewas, Termasuk Militan Senior
Asap mengepul menyusul serangan udara Israel di sebuah gedung di Kota Gaza, Jumat, 5 Agustus 2022. (Foto: AP/Hatem Moussa)

GAZA CITY, SATUHARAPAN.COM-Israel melancarkan gelombang serangan udara pada hari Jumat (5/8) di Gaza, Palestina, menewaskan sedikitnya 10 orang, termasuk seorang militan senior, menurut pejabat Palestina.

Israel mengatakan pihaknya menargetkan kelompok militan Jihad Islam sebagai tanggapan atas "ancaman yang akan segera terjadi" menyusul penangkapan baru-baru ini terhadap seorang militan senior lainnya.

Beberapa jam kemudian, gerilyawan Palestina meluncurkan rentetan roket ketika sirene serangan udara meraung di Israel dan kedua belah pihak semakin dekat ke perang terbaru. Jihad Islam mengaku telah menembakkan 100 roket.

Israel dan penguasa Hamas yang militan di Gaza telah berperang empat kali dan beberapa pertempuran kecil selama 15 tahun terakhir dengan biaya yang mengejutkan bagi dua juta penduduk Palestina di wilayah itu.

Sebuah ledakan terdengar di Kota Gaza, di mana asap keluar dari lantai tujuh sebuah gedung tinggi. Video yang dirilis oleh militer Israel menunjukkan serangan meledakkan tiga menara penjaga dengan tersangka militan di dalamnya.

Dalam pidato yang disiarkan secara nasional, Perdana Menteri Israel, Yair Lapid, mengatakan negaranya melancarkan serangan berdasarkan “ancaman nyata.”

“Pemerintah ini memiliki kebijakan tanpa toleransi untuk setiap upaya serangan, dalam bentuk apa pun, dari Gaza ke wilayah Israel,” kata Lapid. “Israel tidak akan tinggal diam ketika ada orang yang mencoba menyakiti warga sipilnya.”

Dia menambahkan bahwa “Israel tidak tertarik pada konflik yang lebih luas di Gaza tetapi juga tidak akan menghindar darinya.”

Kekerasan tersebut merupakan ujian awal bagi Lapid, yang mengambil peran sebagai perdana menteri sementara menjelang pemilihan pada bulan November, ketika ia berharap untuk mempertahankan posisinya. Dia memiliki pengalaman dalam diplomasi, pernah menjabat sebagai menteri luar negeri di pemerintahan yang akan datang, tetapi kredensial keamanannya tipis.

Hamas juga menghadapi dilema dalam memutuskan apakah akan bergabung dalam pertempuran baru hampir setahun setelah perang terakhir yang menyebabkan kehancuran yang meluas. Hampir tidak ada rekonstruksi sejak itu, dan wilayah pesisir yang terisolasi terperosok dalam kemiskinan, dengan pengangguran berkisar sekitar 50%.

Komandan Jihad Islam Tewas

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang gadis berusia lima tahun dan seorang perempuan berusia 23 tahun termasuk di antara mereka yang tewas di Gaza, tanpa membedakan antara korban sipil dan militan. Militer Israel mengatakan perkiraan awal adalah bahwa sekitar 15 pejuang tewas. Puluhan orang terluka.

Jihad Islam mengatakan, Taiseer al-Jabari, komandannya untuk Gaza utara, termasuk di antara yang tewas. Dia telah menggantikan militan lain yang tewas dalam serangan udara pada 2019.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan serangan itu sebagai tanggapan atas "ancaman segera" dari dua regu militan yang dipersenjatai dengan rudal anti tank. Juru bicara itu, yang memberi penjelasan kepada wartawan dengan syarat anonim, mengatakan al-Jabari sengaja menjadi sasaran dan bertanggung jawab atas “beberapa serangan” terhadap Israel.

Ratusan orang berbaris dalam prosesi pemakaman untuk dia dan orang lain yang terbunuh, dengan banyak pelayat mengibarkan bendera Palestina dan Jihad Islam dan menyerukan balas dendam.

Media Israel menunjukkan langit di atas Israel selatan dan tengah menyala dengan roket dan pencegat dari sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel. Sebuah ledakan terdengar di Tel Aviv. Belum jelas berapa banyak roket yang diluncurkan, dan tidak ada kabar segera mengenai korban di pihak Israel. Israel terus menyerang target lain pada hari Jumat, termasuk fasilitas produksi senjata dan posisi Jihad Islam.

Utusan khusus PBB untuk wilayah tersebut, Tor Wennesland, mengatakan dia sangat prihatin. “Peluncuran roket harus segera dihentikan, dan saya menyerukan semua pihak untuk menghindari eskalasi lebih lanjut," katanya.

Setelah serangan awal Israel, beberapa ratus orang berkumpul di luar kamar mayat di rumah sakit utama Shifa di Kota Gaza. Beberapa masuk untuk mengidentifikasi orang yang dicintai dan muncul kemudian menangis.

“Semoga Tuhan membalas dendam terhadap mata-mata,” teriak seorang, merujuk pada informan Palestina yang bekerja sama dengan Israel.

Pemimpin Jihad Islam Ditangkap

Menteri Pertahanan, Benny Gantz, menyetujui perintah untuk memanggil 25.000 tentara cadangan jika diperlukan sementara militer mengumumkan "situasi khusus" di depan rumah, dengan sekolah ditutup dan pembatasan ditempatkan pada kegiatan di masyarakat dalam jarak 80 kilometer (50 mil) dari perbatasan.

Israel menutup jalan di sekitar Gaza awal pekan ini dan mengirim bala bantuan ke perbatasan saat bersiap untuk serangan balas dendam setelah penangkapan Bassam al-Saadi, seorang pemimpin Jihad Islam, dalam serangan militer di Tepi Barat yang diduduki pada hari Senin (1/8). Seorang remaja anggota kelompok itu tewas dalam baku tembak antara pasukan Israel dan militan Palestina.

Hamas merebut kekuasaan di jalur pantai dari pasukan saingan Palestina pada 2007. Perang terbarunya dengan Israel terjadi pada Mei 2021, dan ketegangan meningkat lagi awal tahun ini menyusul gelombang serangan di dalam wilayah Israel, operasi militer hampir setiap hari di Tepi Barat dan ketegangan di titik nyala situs suci Yerusalem.

Pemimpin Jihad Islam, Ziad al-Nakhalah, berbicara kepada jaringan TV Al-Mayadeen dari Iran, mengatakan “pejuang perlawanan Palestina harus berdiri bersama untuk menghadapi agresi ini.” Dia mengatakan, “tidak ada garis merah” dan menyalahkan kekerasan pada Israel.

Juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum, mengatakan "musuh, Israel, yang memulai eskalasi terhadap Gaza dan melakukan kejahatan baru, harus membayar harga dan memikul tanggung jawab penuh untuk itu."

Jihad Islam lebih kecil dari Hamas tetapi sebagian besar berbagi ideologinya. Kedua kelompok tersebut menentang keberadaan Israel dan telah melakukan sejumlah serangan mematikan selama bertahun-tahun, termasuk penembakan roket ke Israel. Tidak jelas seberapa besar kendali Hamas atas Jihad Islam, dan Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas semua serangan yang berasal dari Gaza.

Israel dan Mesir telah mempertahankan blokade ketat atas wilayah itu sejak pengambilalihan Hamas. Israel mengatakan penutupan itu diperlukan untuk mencegah Hamas membangun kemampuan militernya, sementara para kritikus mengatakan kebijakan itu merupakan hukuman kolektif.

Mohammed Abu Selmia, direktur rumah sakit Shifa, mengatakan rumah sakit menghadapi kekurangan setelah Israel memberlakukan penutupan penuh di Gaza awal pekan ini. Dia mengatakan ada cukup persediaan dan obat-obatan penting untuk menopang rumah sakit selama lima hari di waktu normal, tetapi dengan babak baru pertempuran yang sedang berlangsung, "mereka mungkin habis setiap saat."

Israel membatalkan pengiriman bahan bakar untuk pembangkit listrik satu-satunya di Gaza, yang diperkirakan akan ditutup pada hari Sabtu (6/8) pagi jika bahan bakar tidak masuk ke wilayah tersebut. Bahkan ketika pembangkit tersebut beroperasi dengan kapasitas penuh, warga Gaza masih mengalami pemadaman listrik setiap hari yang berlangsung beberapa jam.

Sebelumnya, hari Jumat, beberapa ratus orang Israel memprotes di dekat Jalur Gaza untuk menuntut kembalinya sisa-sisa dua tentara Israel yang ditahan oleh Hamas.

Para pengunjuk rasa dipimpin oleh keluarga Hadar Goldin, yang bersama dengan Oron Shaul tewas dalam perang Gaza 2014. Hamas masih menahan jenazah mereka, serta dua warga sipil Israel yang tersesat ke Gaza dan diyakini sakit jiwa, berharap untuk menukar mereka dengan beberapa dari ribuan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Israel mengatakan tidak akan ada langkah besar untuk mencabut blokade sampai sisa-sisa tentara dan warga sipil yang ditahan dibebaskan. Israel dan Hamas telah mengadakan banyak putaran pembicaraan yang dimediasi Mesir tentang kemungkinan pertukaran. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home