Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:00 WIB | Kamis, 23 Februari 2023

Israel Serang Nablus, Palestina, Roket Ditembakkan dari Gaza, 11 Tewas

Asap dari api memenuhi udara saat warga Palestina bentrok dengan pasukan Israel di kota Nablus, Tepi Barat, Rabu, 22 Februari 2023. Pasukan Israel bergerak ke kota itu, memicu pertempuran yang menewaskan beberapa warga Palestina, termasuk seorang pria berusia 72 tahun, kata pejabat kesehatan Palestina. Militer Israel memberikan sedikit rincian tentang operasinya di kota utara, yang dikenal sebagai kubu militan, dan tentara sering beroperasi di sana. (Foto: AP/Majdi Mohammed)

YERUSALEM,SATUHARAPAN.COM - Militer Israel mengatakan militan Palestina menembakkan enam roket dari Jalur Gaza ke selatan negara itu pada Kamis (23/2) pagi, beberapa jam setelah serangan tentara Israel di Tepi Barat yang diduduki memicu baku tembak sengit di mana 11 warga Palestina tewas.

Serangan roket, yang tidak langsung diklaim oleh kelompok militan Palestina, tampaknya dipicu oleh serangan hari Rabu pagi di Nablus.

Militer Israel mengatakan pertahanan Aar mencegat lima roket yang ditembakkan ke arah kota Ashkelon dan Sderot. Satu rudal mendarat di lapangan terbuka. Tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa.

Di antara yang tewas di Nablus adalah tiga pria Palestina, usia 72, 66 dan 61 tahun, dan seorang anak laki-laki berusia 16 tahun, menurut pejabat kesehatan. Puluhan lainnya terluka.

Itu adalah salah satu pertempuran paling berdarah dalam hampir satu tahun pertempuran di Tepi Barat dan Yerusalem timur dan meningkatkan kemungkinan pertumpahan darah lebih lanjut. Polisi Israel mengatakan mereka meningkatkan kewaspadaan, sementara kelompok militan Hamas di Gaza mengatakan kesabarannya "habis". Jihad Islam, kelompok militan lain, bersumpah untuk membalas.

Operasi empat jam itu meninggalkan kerusakan luas di pasar berusia berabad-abad di Nablus, sebuah kota yang dikenal sebagai kubu militan.

Dalam satu adegan emosional, seorang petugas medis yang kewalahan menyatakan seorang pria meninggal, hanya untuk menyadari bahwa pasien yang tak bernyawa itu adalah ayahnya. Di tempat lain, sebuah video amatir memperlihatkan dua pria, tampaknya tidak bersenjata, ditembak saat mereka berlari di jalan.

Pengrebegan di Nablus

Israel telah melakukan peningkatan penangkapan gerilyawan yang dicari di Tepi Barat sejak serangkaian serangan mematikan Palestina di Israel musim semi lalu.

Para pejabat Israel menyamakan operasi ini dengan nama “memotong rumput,” dengan mengatakan bahwa itu diperlukan untuk mencegah situasi yang sulit menjadi lebih buruk. Tetapi penggrebegan tersebut hanya menunjukkan sedikit tanda-tanda memperlambat kekerasan, dan dalam kasus seperti operasi hari Rabu, dapat meningkatkan kemungkinan pembalasan.

Militer Israel mengatakan memasuki Nablus, pusat komersial Tepi Barat, untuk menangkap tiga militan yang diduga melakukan serangan penembakan sebelumnya. Tersangka utama dicari dalam pembunuhan seorang tentara Israel musim gugur lalu.

Militer biasanya melakukan penggerebekan pada malam hari dalam apa yang dikatakan sebagai taktik yang dimaksudkan untuk mengurangi risiko korban sipil. Namun juru bicara militer Letnan Kolonel Richard Hecht mengatakan pasukan bergerak cepat setelah dinas intelijen melacak orang-orang itu di tempat persembunyian.

Hecht mengatakan pasukan Israel mengepung gedung itu dan meminta orang-orang itu untuk menyerah, tetapi mereka malah melepaskan tembakan. Seorang militan yang mencoba melarikan diri dari gedung ditembak dan dibunuh. Dia mengatakan militer kemudian menembakkan rudal ke rumah tersebut, meratakan bangunan dan membunuh dua orang lainnya.

Pada saat yang sama, katanya, pasukan yang telah mendirikan perimeter luar diserang tembakan hebat, memicu baku tembak yang intens. Militer mengatakan yang lain melemparkan batu dan bahan peledak ke arah pasukan, dan pejabat merilis video yang diambil dari dalam kendaraan lapis baja saat kerumunan pemuda Palestina melemparinya dengan batu. Tidak ada korban Israel.

Masuknya korban luka membanjiri Rumah Sakit Najah di kota itu, kata Ahmad Aswad, kepala perawat departemen kardiologi. Petugas medis berusia 36 tahun itu mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia melihat banyak pasien tertembak di dada, kepala, dan paha. "Mereka menembak untuk membunuh," katanya.

Kekerasan Antara Israel dan Palestina

Kepolisian Israel mengatakan sedang meningkatkan keamanan di Tepi Barat dan Yerusalem timur untuk mengantisipasi kekerasan.

Bulan lalu, pasukan Israel membunuh 10 orang dalam serangan serupa di Tepi Barat utara. Sebagai tanggapan, militan Palestina menembakkan roket dari Gaza. Keesokan harinya, seorang pria bersenjata Palestina melepaskan tembakan di dekat sebuah sinagog di pemukiman Yerusalem timur, menewaskan tujuh orang.

Beberapa hari kemudian, lima militan Palestina tewas dalam serangan penangkapan Israel di tempat lain di Tepi Barat. Itu diikuti oleh serudukan mobil Palestina yang menewaskan tiga orang Israel, termasuk dua saudara muda, di Yerusalem.

Pertempuran itu terjadi pada waktu yang sensitif, kurang dari dua bulan setelah pemerintah garis keras baru Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mulai menjabat.

Pemerintah didominasi oleh ultranasionalis yang telah mendorong tindakan lebih keras terhadap militan Palestina dan bersumpah untuk mempertahankan kekuasaan Israel di Tepi Barat yang diduduki. Media Israel telah mengutip pejabat tinggi keamanan yang menyatakan keprihatinan bahwa hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kekerasan menjelang bulan suci Ramadhan.

Kabinet termasuk sejumlah pemimpin pemukim Tepi Barat. Dalam sebuah langkah yang dapat meningkatkan ketegangan lebih lanjut, Yesha, dewan pemukiman, mengumumkan bahwa pejabat perencanaan Israel telah memberikan persetujuan untuk hampir 2.000 rumah baru di pemukiman di Tepi Barat. Tidak ada konfirmasi langsung dari pemerintah, tetapi pengumuman diperkirakan pada hari Kamis.

Palestina dan sebagian besar komunitas internasional mengatakan permukiman yang dibangun di atas tanah yang diduduki adalah ilegal dan menghambat perdamaian. Lebih dari 700.000 pemukim sekarang tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem timur, wilayah yang direbut oleh Israel pada tahun 1967 dan dicari oleh Palestina untuk negara masa depan.

Di Washington, juru bicara Departemen Luar Negeri, Ned Price, mengatakan AS mengakui masalah keamanan Israel yang "sangat nyata", tetapi juga "sangat prihatin" tentang kematian dan cedera akibat serangan itu. Dia mendesak kedua belah pihak untuk menghindari langkah-langkah yang dapat mengobarkan ketegangan, termasuk kemungkinan persetujuan pemukiman baru.

Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mendesak masyarakat internasional “untuk mengakhiri pembantaian terhadap rakyat kami.”

Di Jalur Gaza, Abu Obeida, juru bicara kelompok militan Hamas yang berkuasa, memperingatkan bahwa "kesabaran Hamas hampir habis," katanya.

Rabu malam, para aktivis Palestina membakar ban di sepanjang perbatasan Gaza dengan Israel sebagai protes. Hamas telah memerangi Israel dalam empat perang sejak merebut kendali Gaza pada 2007.

Pemimpin Jihad Islam, Ziyad Al-Nakhala, menyebut serangan Israel sebagai “kejahatan besar. Adalah tugas kita sebagai kekuatan perlawanan untuk menanggapi kejahatan ini tanpa ragu-ragu,” katanya.

Hampir 60 warga Palestina telah tewas di Tepi Barat dan Yerusalem timur tahun ini, menurut penghitungan AP. Tahun lalu, hampir 150 warga Palestina tewas di daerah itu, menjadikannya tahun paling mematikan di sana sejak 2004, menurut data kelompok hak asasi Israel B'Tselem. Sekitar 30 orang di pihak Israel tewas dalam serangan Palestina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home