Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:11 WIB | Selasa, 28 Januari 2020

Israel Temukan 232 Koin Kuno di Rumah Seorang Pencuri

Israel Temukan 232 Koin Kuno di Rumah Seorang Pencuri
Koin-koin yang ditemukan di rumah seorang tersangka pencuri di Israel utara. (Foto-foto: Xinhua/Otoritas Kepurbakalaan Israel)
Israel Temukan 232 Koin Kuno di Rumah Seorang Pencuri

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Harta karun berupa 232 koin kuno yang diperkirakan berusia 500 hingga 2.500 tahun ditemukan di rumah seorang pencuri di Israel utara, demikian disampaikan Otoritas Kepurbakalaan Israel (Israeli Antiquities Authority/IAA) melalui sebuah pernyataan pada Senin (27/1).

Menurut IAA, koin-koin kuno tersebut dicuri dari berbagai lokasi penggalian di Israel utara dan ditemukan di sebuah rumah yang terletak di Kota Kafr Kanna di wilayah Galilee.

Koin-koin tersebut diperkirakan berasal dari periode Persia (abad ke-5 SM), melalui periode Yunani, Romawi dan Bizantium, hingga periode Ottoman.

Menurut IAA, "koin-koin kuno secara ilmiah sangat penting."

IAA menyampaikan bahwa tersangka pencuri merupakan "residivis", yang sebelumnya sudah pernah ditangkap dua kali saat menggali tanah dan mencari benda antik tanpa izin menggunakan detektor logam.

Tersangka pencuri tersebut ditahan oleh kepolisian Israel dan akan segera didakwa.

"Pencuri seperti ini merampas koin dari lingkungan arkeologis tempat koin tersebut berada pada zaman kuno, sehingga sangat merusak nilai ilmiahnya. Koin-koin ini merupakan mata rantai yang hilang dari catatan sejarah Israel," papar pernyataan tersebut. (Xinhua)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home