Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:00 WIB | Kamis, 15 Desember 2016

Italia Berhasil Transplantasi Ginjal pada Limpa Gadis Kecil

Ilustrasi : Sebuah rumah sakit di Italia utara, Rabu (14/12) telah berhasil transplantasi ginjal di tempat limpa di seorang gadis enam tahun. (Foto: geo.tv)

ROMA, SATUHARAPAN.COM - Sebuah rumah sakit di Italia utara, Rabu (14/12) mengatakan, bahwa pihaknya berhasil mentransplantasi sebuah ginjal dan menempatkannya pada bagian limpa seorang gadis berusia enam tahun untuk pertama kalinya di dunia.

“Anak tersebut, telah menjalani cuci darah sejak lahir karena keanehan langka pada ginjalnya dan kelainan pembuluh darah di bagian perut, “ kata rumah sakit Molinette di Turin dalam sebuah pernyataan.

Ginjal fungsinya untuk menyaring produk limbah dari darah, dan mengubahnya menjadi urin. Tapi ketika ginjal berhenti bekerja, menyebabkan penumpukan produk beracun dan dapat berakibat fatal, akhirnya dialisis adalah pilihan pengobatan untuk membantu menghilangkan produk-produk beracun dari darah pada pasien dengan gagal ginjal.

Tetapi hal ini, diketahui menjadi memakan waktu, sehingga dokter sering lebih memilih untuk mencari organ baru pada pasien.

Dokter Italia telah mencapai dunia pertama dengan tanam sukses ginjal di tempat limpa di seorang gadis enam tahun. Dalam operasi ini, dokter membuang  limpa  anak tersebut.

“Untuk membuat ruang yang dibutuhkan bagi ginjal baru, teknik revolusioner dan inovatif diterapkan, dengan membuang limpa,” kata rumah sakit.

Pasien yang memiliki limpa mereka dihapus dapat hidup seperti sehat karena hati membantu untuk mengambil alih banyak fungsi.

“Gadis itu sangat sehat, dia segera bisa buang air kecil dan akhirnya bisa minum setelah enam tahun,” katanya.

“Gadis itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, tidak bisa buang air kecil atau minum, “ katanya. Dia dioperasi pada akhir pekan lalu. (AFP/dailymail.co.uk)

Editor : Eben E. Siadari


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home