Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:44 WIB | Kamis, 20 Agustus 2015

Jaksa Rusia Tuntut Produser Film Ukraina 23 Tahun Penjara

Oleg Sentsov. (Foto: screendaily.com)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Jaksa penuntut Rusia meminta agar produser film Ukraina Oleg Sentsov dipenjara hingga 23 tahun atas tuduhan teror, dalam sebuah persidangan yang dikecam Barat.

Menurut AFP, Rabu (19/8) Sentsov dan warga Ukraina lain dari Crimea, Alexander Kolchenko, sudah ditahan sejak Mei 2014. Mereka dituduh membakar kantor partai pro-Kremlin dan ingin meledakkan patung Vladimir Putin di kota utama Crimea, Simferopol.

Jaksa penuntut juga meminta pengadilan memenjarakan Kolchenko, yang merupakan seorang aktivis pro-Kiev di Crimea yang menentang pencaplokan semenanjung tersebut oleh Moskow selama 12 tahun.

Pendukung dua pria tersebut, yang diadili sebagai warga Rusia meski tidak pernah mengajukan kewarganegaraan Rusia, mengatakan bahwa kasus terhadap mereka direkayasa, dan Uni Eropa serta AS telah meminta pembebasan mereka.

Sejumlah produser film terkenal dari seluruh dunia menulis surat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, mengungkapkan kekhawatiran atas penuntutan terhadap Sentsov.

Dalam banding terakhir dari Akademi Film Eropa pada Selasa, 15 produser film, termasuk Ken Loach Inggris dan Wim Wenders Jerman, mengatakan bahwa mereka “benar-benar khawatir” dengan persidangan tersebut.

“Kami terkejut bahwa tuduhan Oleg Sentsov melakukan ‘kejahatan bersifat teroris’ masih diterapkan,” menurut surat yang ditulis untuk Putin. (Ant/AFP)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home