Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 16:43 WIB | Jumat, 05 Agustus 2022

Jangan Salah Kira, Ini Foto Bintang Proxima Centauri atau Sepotong Sosis?

Jangan Salah Kira, Ini Foto Bintang Proxima Centauri atau Sepotong Sosis?
Tienne Klein, 64 tahun, direktur penelitian di Komisi Energi Atom dan Energi Alternatif Prancis, mengatakan dia telah membagikan gambar itu yang sebenarnya dari sepotong sosis, untuk mengingatkan pengguna media sosial tentang perlunya waspada terhadap berita palsu yang beredar secara online. (Foto: Twitter)
Jangan Salah Kira, Ini Foto Bintang Proxima Centauri atau Sepotong Sosis?
Ilmuwan Prancis terkemuka, Tienne Klein (Twitter)

SATUHARAPAN.COM-Seorang ilmuwan Prancis terkemuka yang memposting foto bintang yang jauh di feed Twitter-nya, mengklaim bahwa itu diambil oleh teleskop James Webb, telah mengungkapkan bahwa itu sebenarnya adalah sepotong chorizo, sosis Spanyol.

Tienne Klein, 64 tahun, direktur penelitian di Komisi Energi Atom dan Energi Alternatif Prancis, mengatakan dia telah membagikan gambar itu untuk mengingatkan pengguna media sosial tentang perlunya waspada terhadap berita palsu yang beredar secara online, surat kabar The Times Brtiain melaporkan pada hari Jumat (5/8).

Pada hari Minggu, Klein telah memposting foto dari apa yang dia klaim sebagai Proxima Centauri, bintang terdekat dengan matahari yang diketahui sejauh ini.

Dia mengatakan itu telah diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA yang baru senilai US$10 miliar, yang menunjukkan kepada umat manusia beberapa bintang pertama di alam semesta.

Dia memuji "tingkat detail" dan menambahkan: "Dunia baru mengungkapkan dirinya hari demi hari."

Postingan itu di-retweet dan dikomentari oleh ribuan pengguna, yang percaya keaslian gambar yang dibagikan oleh seorang ilmuwan terkenal.

Namun, sehari kemudian Klein mengakui bahwa gambar itu bukan dari bintang yang jauh, tetapi sebenarnya adalah sepotong sosis Spanyol yang populer.

"Mari kita belajar untuk tidak mempercayai klaim oleh (tokoh) otoritas serta kefasihan spontan dari gambar tertentu," katanya. "Menurut kosmologi kontemporer, tidak ada objek dalam kategori daging dingin Spanyol yang ada di mana pun selain Bumi."

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home