Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:51 WIB | Jumat, 08 Mei 2020

Jaringan Lintas Iman Salurkan 100.000 Masker Medis ke RS Daerah

Jaringan Lintas Iman Salurkan 100.000 Masker Medis ke RS Daerah
Sekretaris Umum ICRP, Romo Johanes Hariyanto (paling kanan), menyerahkan masker medis secara simbolis kepada tiga perwakilan jaringan lintas iman, Peter Lesmana (Majelis Tinggi Agama Khonghucu), Astono Chandra Dana (Parisada Hindu Dharma Indonesia), dan Dr Rahmi Alfiah Nur Alam (Majelis Rohani Nasional Baha’i Indonesia) di Sekretariat JIC, Jl. Cempaka Putih Barat XXI/34 Jakarta Pusat, pada Jumat (8/5) sore. (Foto: Dok. ICRP)
Jaringan Lintas Iman Salurkan 100.000 Masker Medis ke RS Daerah

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) menyerahkan bantuan 100.000 masker medis untuk disalurkan kepada sejumlah rumah sakit yang membutuhkan di berbagai daerah.

Sekretaris Umum ICRP, Romo Johanes Hariyanto, menyerahkan masker medis secara simbolis kepada tiga perwakilan jaringan lintas iman, yakni Peter Lesmana (Majelis Tinggi Agama Khonghucu), Astono Chandra Dana (Parisada Hindu Dharma Indonesia), dan Dr Rahmi Alfiah Nur Alam (Majelis Rohani Nasional Baha’i Indonesia) di Sekretariat JIC, Jl. Cempaka Putih Barat XXI/34 Jakarta Pusat, pada Jumat (8/5) sore.

Masker tersebut merupakan donasi dari Guangxi Tianchang Invesment Co Ltd dan China-ASEAN Entrepreneurs Association Preparatory Committee.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo sebelumnya mengatakan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masker bedah yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan tidak digunakan secara bebas oleh masyarakat.

Ahmad Nurcholish, Koordinator Pelaksana Jaringan Lintas Iman Tanggap Covid-19, mengatakan pasokan masker untuk tenaga medis (surgical mask) di sejumlah rumah sakit mulai menipis, bahkan ada yang habis sama sekali.

“Tenaga medis merupakan garda terdepan  bagi penanganan Covid-19. Karena itu para pejuang kesehatan ini harus terjamin fasilitas kesehatannya, khususnya alat pelindung diri (APD). Hal ini agar ada jaminan perlindungan dan kenyamanan para tenaga medis dalam menjalankan tugas kemanusiaan mereka,”ujar Ahmad Nurcholish dalam keterangan tertulis yangditerima satuharapan.com, Jumat (8/5).

Menurut Ahmad Nurcholish, beberapa rumah sakit telah mengajukan permohonan masker medis tersebut kepada JIC, di antaranya RS Bhakti Kasih, Polowali Mandar, Sulawesi Barat; RS Melati Tangerang; UPTD Colol, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur; RS PKM Mano Manggarai Timur, NTT;  Puskesmas Kepulauan Mentawai; RS Al-Islam, Bandung; dan jaringan RS Mayapada Hospital.

Pendeta Frangky Tampubolon mengungkapkan bahwa sebagian besar masker medis tersebut akan dikirim ke rumah sakit yang berada di wilayah Timur Indonesia. Berdasarkan informasi yang diperoleh ICRP, daerah tersebut masih langka pasokan masker, khususnya untuk tenaga Kesehatan.

“Rencananya kita akan lebih banyak menyalurkan masker medis tersebut untuk wilayah Timur Indonesia, seperti NTT, NTB, Sulawesi, dan Papua serta Papua Barat,” kata Direktur ICRP itu.

Sementara itu, dokter Rahmi Alfiah Nur Alam menyambut baik pemberian donasi masker medis ini untuk tenaga Kesehatan.

“Bantuan ini tentu akan bermanfaat bagi tenaga medis di manapun mereka berada yang tengah mejalankan tugas kemanusiaan. Saya bangga sebab di saat pandemic ini justru mempersatukan kita umat beragama untuk saling membantu pada sesama,” kata Rahmi yang mewakili Majelis Rohani Nasional Bahai Indonesia.

Jaringan Lintas Iman Tanggap Covid-19 (JIC) merupakan kolaborasi organisasi lintas iman dan kepercayaan yang bergerak bersama dalam penanganan Covid-19. JIC telah menggalang bantuan dari berbagai pihak yang ingin berperan serta dalam solidaritas lintas iman untuk membantu warga miskin yang terkena dampak pandemi Korona.

Di antara lembaga-lembaga yang tergabung dalam JIC adalah Indonesian Conference on eligion and Peace (ICRP), Pemuda Muhammadiyah, Muhammadiyah Covid-19 Commad Center, NU Peduli, GP. Ansor, PGI, GEMABUDHI, PERMABUDHI, MBI – KBI, KomHAK KWI, JKMC, BAKKAT, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Puskor Hindunesia, Majelis Tinggi Agama Khonghucu (MATAKIN), Majelis Rohani Nasional Bahai Indonesia, Yayasan Sosial Guru Nanak, Temu Kebangsaan Orang Muda, Jaringan GusDurian, Kafkaf Foundation,  Jakarta Gotong Royong, dan Yayasan Kesehatan Indonesia. (PR)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home