Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 16:15 WIB | Jumat, 01 April 2016

Jasa Layan Antar Barang Pakai Drone Kini Tersedia di Jakarta

Ilustrasi: Sebuah drone yang dilengkapi kamera. (Foto: independent.co.uk).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bila ingin mengirim barang maka yang terbersit di pikiran orang awam adalah menggunakan jasa antaran dengan kendaraan roda dua atau roda empat, dahulu sebelum era komunikasi digital maka perusahaan pos sebuah negara akan laku keras.

Namun kini bila kita hendak mendapatkan pelayanan yang lebih cepat maka tidak ada salahnya mencoba pengiriman paket atau barang dengan drone.

Menurut situs resmi perusahaan yang bergerak di bidang pengantaran paket dengan drone – Qlue Jek – perusahaan yang berbasis di Jakarta ini memperkenalkan metoda pengantaran barang terbaru kepada masyarakat awan yakni layanan pengantaran barang menggunakan aplikasi dan drone agar sampai tujuan dengan aman dan akurat. Layanan ini mulai beroperasi hari ini, 1 April, menurut informasi situs perusahaan tersebut.

Qlue Jek dioperasikan  seorang pilot menggunakan kombinasi remote control dan virtual reality untuk mendeteksi keberadaan drone di udara.

Qlue Jek tidak hanya mampu mengangkat barang bawaan hingga 5 kg dengan jarak tempuh 25 km, tetapi juga dapat mengambil foto-foto kondisi kota dari atas yang terintegrasi dengan Qlue.

Dengan kata lain, setiap orderan yang masuk menggunakan Qlue Jek berarti membawa perubahan yang lebih baik untuk sebuah kota.

Project Manager Qlue Jek, Ivan Tigana, dalam video youtube perusahaan itu mengemukakan,  Qlue Jek adalah sebuah solusi terbaru dari Qlue.

Ivan mengemukakan Qlue Jek dikendalikan  mantan pilot helikopter Badan Search and Rescue di Indonesia.

Pengendalian tersebut, Ivan menambahkan, dengan menggunakan kombinasi pengendali jarak jauh dan ruang panel virtual untuk mendeteksi keberadaan drone di udara.

Ivan menuturkan bahwa teknologi Qlue-Jek dilakukan melalui proses research and developement yang mendalam.

“Sehingga kami mampu memberikan solusi yang inovatif dan terbaik,” kata Ivan.

Teknologi Serupa

Pada 2015, Singapura menerapkan teknologi serupa yakni saat Singpost – perusahaan pos Singapura berhasil melaksanakan uji coba menggunakan pesawat nirawak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) untuk mengirim surat dan paket dari daratan Singapura ke Pulau Ubin.

Seperti diberitakan situs berita Singapura – berita.mediacorp.sg – hari Kamis (8/10/2015) percobaan itu adalah yang pertama di Singapura untuk  mengirim paket.

SingPost menyatakan  penerbangan uji coba dilaksanakan menempuh jarak dua kilometer  memakan waktu selama lima menit dan mampu membawa muatan seperti surat-surat dan beberapa pasang pakaian. 

Pesawat nirawak tersebut dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang telah ditingkatkan sehingga dapat  memastikan surat atau kiriman sampai ke penerima. Percobaan serupa  juga sempat dilakukan di  Jerman dan Swiss, dan Amerika Serikat.

Baca Juga

Perusahaan Pos Singapura Kirim Surat Dengan Pesawat Nirawak

Korban Drone AS Tak Hanya Ekstremis

Serangan Drone AS Tewaskan Penyandang Dana Al Qaeda

(qlue.co.id/liputan6.com/mediacorp.sg/straitstimes.com).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home