Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Melki 13:09 WIB | Senin, 25 April 2022

Jason, Juara International E-Sport Ingin Jadi Pendeta

Jason Susanto - XII MIPA (Pro Valorant Player - PAPER REX Team)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM - Jason Susanto sebelumnya disebut-sebut dalam pidato Ketua BPK PENABUR Bogor Aryawan Handoko hari Sabtu lalu (23/4) dalam acara Kebaktian Syukur Peresmian Gedung SMA BPK PENABUR Bogor.

Aryawan Handoko mengatakan salah satu siswa SMA PENABUR Bogor itu menjadi pemain profesional internasional yang saat ini tengah bertanding di ASEAN.

Dengan memakai Nickname: F0rsakeN, pro player Valorant asal Indonesia yang disebut itu jadi salah satu yang terkuat di Asia Tenggara. Sosoknya sudah jadi sorotan usai ia dan timnya, Paper Rex, menjadi perwakilan SEA di turnamen VCT 2021: Stage 3 Masters di Berlin, Jerman.

Valorant merupakan game FPS yang merupakan pesaing CS:GO dan baru saja dirilis di tahun 2020 oleh Riot Games. Game yang tengah hype ini menampilkan berbagai agent atauhero dengan skill khusus yang membuat game ini semakin banyak digemari oleh pemain di seluruh dunia.

Siswa kelas XII MIPA itu sudah mencetak berbagai prestasi di turnamen tingkat dunia. F0rsakeN menjadi salah satu pro player kebanggaan Indonesia di skema kompetitif Valorant. 

Adik dari pro player CS:GO, Xccurate, ini disebut punya tim yang sakti dan tajam, serta tentunya mematikan.

Arti nickname F0rsakeN

F0rsakeN mengaku tidak ada arti khusus dari nickname-nya itu, ia mendapatkan ide nickname dari temannya.

Ketika itu, ia sempat bingung harus pakai nickname apa. Ia kemudian bertanya kepada temannya. Temannya itu lalu menyuruhnya memakai nama F0rsakeN. Nama itu akhirnya terus dipakainya hingga sekarang

Mantan pro player CS:GO

Sebelum di Valorant, F0rsakeN dulunya adalah pro player CS:GO. Ia sudah main game CS:GO dari umur 10 tahun. Minatnya bermain game ini dipengaruhi ayahnya yang berprofesi sebagai teknisi komputer, serta sang kakak yang sudah lebih dulu menjadi pro player CS:GO.

Alasan pindah ke Valorant

Ada beberapa alasan yang F0rsakeN pindah dari Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) ke Valorant. Alasan pertama adalah ia merasa lebih jago main Valorant dibandingkan CS:GO.

Alasan kedua, ia melihat skema kompetitif CS:GO di Asia mulai sepi. Ternyata pemikiran ini juga diamini oleh rekan-rekan setimnya. Mereka akhirnya kompak untuk pindah ke skema kompetitif Valorant, dan membubarkan divisi CS:GO.

Selalu ranking 10 besar di sekolah

Wali Kelas Jason di SMAK PENABUR Bogor, Raya Fitriani Hutagalung mengatakan meski sibuk dengan kariernya di esports, Jason tetap berprestasi di sekolah. F0rsakeN pandai membagi waktunya untuk karier dan pendidikan. Di sekolah, ia mengaku selalu masuk ranking 10 besar, lho.

Bisa tiga bahasa

Jason mengaku dapat bicara dalam tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan sedikit Thailand.

Berprestasi, F0rsakeN masuk jajaran nominasi di GGWP.ID Awards 2021 kategori Esports Fans Awards.

Sering live streaming di Twitch

F0rsakeN sering melakukan live streaming di Twitch. Buat kamu fans F0rsakeN yang ingin melihat gameplay-nya, bisa langsung kunjungi saja akun Twitch-nya.

Ingin Jadi Pendeta

Paper Rex merupakan salah satu tim esports berbasis di Singapura yang terdiri atas pemain-pemain dari Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Jason Susanto pernah juga berhasil tampil di VCT 2021 Masters Berlin. Hasil tersebut sekaligus menasbihkan keduanya menjadi pemain Valorant terbaik di Indonesia.

Dilansir dari akun twitter Paper Rex, pada saat Jason bertanding di Berlin, ada fun fact tentang Jason manage waktu, yang mana Jason tetap mengikuti pendidikan formal dari sekolah. 

Dari sejumlah pemberitaan, tertera bahwa ini adalah kali kedua pemain Indonesia, Jason F0rsaken Susanto dan salah satu temannya yang tampil di turnamen Major Valorant. 

F0rsakeN sendiri merupakan salah satu pemain terbaik Valorant di Asia Tenggara.

Jason awalnya ingin menjadi pendeta, tapi melalui dunia game bisa membanggakan orang tua dan membantu orang tua, kenapa ngga? Maka Jason memilih menjadi proplayer.

Games tidak selalu negatif asalkan kita bisa mengatur waktu, untuk belajar, diri sendiri, keluarga dan bisa mengendalikan diri dalam bermain. 

Jason berpesan kepada teman-teman, kaum muda untuk mengutamakan belajar.

"Hobby yang kalian senangi bisa dilakukan tetapi tetap belajar nomor satu, nilai harus baik, agar orang tua tidak marah. Tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, malah menjadi berkat bagi keluarga dan orang lain," katanya dalam keterangan resmi Humas BPK PENABUR Bogor, Santiara Siagian, hari Senin (25/4).

Profil

Nama lengkap: Jason Susanto

Nickname: f0rsakeN

Tanggal lahir: 25 Maret 2004

Umur: 18 tahun (2022)

Instagram (IG): @jasonsusantoo

Twitter: @jasonsusantoo

TikTok: @prx_f0rsaken

Facebook: Jason Susanto

Twitch: PRXf0rsakeN

YouTube: PRX f0rsakeN

Prestasi

Juara 1 The Esports Club Showdown

Juara 3-4 Royal SEA Challenge

Juara 5-6 VCT 2021: APAC Last Chance Qualifier

Juara 1 KJC eSports VALORANT Invitational

Juara 13-15 VCT 2021: Stage 3 Masters – Berlin

Juara 2 VCT 2021: Southeast Asia Stage 3 Challengers Playoffs

Juara 1 VCT 2021: Malaysia & Singapore Stage 3 Challengers 3

Juara 2 VCT 2021: Malaysia & Singapore Stage 3 Challengers 2

Juara 1 VCT 2021: Malaysia & Singapore Stage 3 Challengers 1


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home