Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 07:34 WIB | Minggu, 07 Juni 2020

Jatim Tingkatkan Kewaspadaan pada OTG

Peta penyebaran kasu COVID-19 Jawa Timur. (Foto: Kominfo Jatim)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan, khususnya terhadap kasus orang tanpa gejala (OTG) COVID-19 yang terus meningkat di wilayah setempat.

"Perhatian kita harus sangat waspada pada OTG yang terus meningkat. Mereka tidak memiliki gejala, namun berpotensi menularkan," ujarnya di Surabaya, Sabtu (6/6) malam dikutip Antara. Data pada Jumat (5/6) OTG di Jatim tercatat 19.857 orang.

Gubernur juga menyampaikan bahwa OTG terakhir, potensi kemungkinan positif sampai dengan 35 persen, sedangkan PDP (pasien dalam pengawasan) hingga 55 persen.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim selama beberapa hari terakhir, angka OTG terus bertambah.

Jatim juga membentuk "Tim Hunter COVID-19" yang disebar ke beberapa daerah untuk pemeriksaan lebih lanjut sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Sasarannya orang dalam pemantauan (ODP) dan OTG. Jika hasilnya reaktif, akan segera dilakukan tes swab. Kalau OTG dan PDP ini sudah terkonfirmasi, solusinya bisa masuk observasi atau diisolasi di rumah sakit.

Kasus COVID-19 di Jawa Timur per hari Sabtu (6/6) mencatat tambahan kasus positif sebanyak 288 orang sehingga totalnya mencapai 5.835 orang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home