Loading...
SAINS
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:30 WIB | Senin, 13 Oktober 2014

Jean Tirole Menangi Nobel Ekonomi

Ekonom Perancis Jean Tirole dari Toulouse 1 Capitole University memenangi Nobel Ekonomi 2014 atas analisisnya tentang kekuatan pasar dan regulasi. (Foto: econ.northwestern.edu)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM – Ekonom Prancis Jean Tirole dari Toulouse 1 Capitole University diumumkan oleh panitia Nobel pada Senin (13/10) memenangi Nobel Ekonomi 2014 atas analisisnya tentang kekuatan pasar dan regulasi.

Jean Tirole adalah salah satu ekonom paling berpengaruh di abad ini. Dia telah menyumbangkan kontribusinya dalam penelitian mengenai pemahaman dan pengaturan industri perusahaan-perusahaan yang kuat. Banyak industri didominasi oleh perusahaan besar atau monopoli tunggal sehingga hasil tidak sesuai dengan keadaan sosial masyarakat.

Sejak pertengahan tahun 1980-an, Jean Tirole telah memberi angin segar di dunia ekonomi karena ia membuat penelitian mengenai kegagalan pasar. Dalam penelitiannya, ia membuat rumusan masalah, yakni bagaimana seharusnya kesepakatan pemerintah dengan merger atau kartel, dan bagaimana seharusnya hal itu dapat mengatur monopoli pasar.

Peneliti sebelumnya telah menganjurkan aturan kebijakan sederhana, seperti pembatasan harga monopolis dan melarang kerja sama antarpesaing. Tirole berhasil menunjukkan secara teoretis bahwa aturan tersebut dapat bekerja dengan baik dalam kondisi tertentu, tetapi suatu waktu akan menjadi berbahaya.

Tirole telah mengemukakan kerangka umum untuk merancang kebijakan dan menerapkan ke sejumlah industri, mulai dari telekomunikasi untuk bidang perbankan. Menurutnya, pemerintah lebih baik mendorong perusahaan-perusahaan yang kuat untuk menjadi lebih produktif dan pada saat yang sama pemerintah harus mencegah perusahan-perusahan yang kuat tersebut agar tidak merugikan pesaing dan pelanggan.

Tahun lalu, hadiah Nobel Ekonomi dianugerahkan kepada Eugene Fama, Lars Peter Hansen, dan Robert Shiller atas analisis empirik terhadap harga aset. Komite Nobel mengatakan bahwa ketiganya telah berjasa meletakkan dasar-dasar pemahaman tentang harga aset. (nobelprize.org)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home