Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 19:19 WIB | Senin, 13 Januari 2020

Jelang Imlek Buah Impor Mulai Diburu Konsumen di Solo

Pedagang di Pasar Gede, Surakarta, memperlihatkan apel bertuliskan huruf China, Senin (13/1/2020). Jelang imlek buah ini banyak diminati konsumen. (Foto: Foto: Antara/Aris Wasita)

SOLO, SATUHARAPAN.COM – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571/2020 buah impor mulai diburu konsumen untuk keperluan sembahyang dan dijadikan sebagai bingkisan.

“Imlek masih dua minggu lagi, tetapi saat ini permintaan mulai banyak, khususnya apel yang ada tulisan Chinanya,” kata salah satu pedagang buah Jumadi di Pasar Gede Solo, Senin (13/1/2020).

Khusus untuk buah apel dengan tulisan tersebut sejak tiga hari yang lalu hingga saat ini, ia bisa menjual hingga 140 kardus, dengan satu kardus berisi 20 buah apel.

Saat ini ia mencadangkan hingga 600 kardus untuk mengantisipasi permintaan mendadak dalam jumlah banyak dari konsumen. Buah lain yang juga mengalami peningkatan permintaan yaitu jeruk ponkam.

“Harga antara jeruk dan apel ini hampir sama, kisarannya Rp300.000-Rp350.000/kardus. Untuk harganya tidak ada kenaikan dibandingkan hari normal, bahkan saya minta potongan harga dari distributor karena kan ini untuk keperluan sembahyang,” katanya.

Jika pada tahun lalu di sepanjang perayaan Imlek ia bisa menjual hingga 2.500 karton buah, untuk saat ini ia memperkirakan akan ada kenaikan.

“Harapannya bisa jual sampai 3.000 karton. Kelihatannya penjualannya lebih baik dibandingkan tahun lalu, karena sudah kelihatan sejak beberapa waktu yang lalu, orang sudah berbondong-bondong membeli,” katanya.

Pedagang lain, Sofiatun, juga mengaku sudah ada permintaan untuk buah-buah yang digunakan pada perayaan Imlek, yaitu apel, pir, dan jeruk. Ia mengatakan untuk pir, kebanyakan konsumen memilih yang jenis golden.

“Kalau untuk jeruk yang dipakai biasanya jenis jeruk santang. Harganya sama, Rp40.000/kg, baik untuk jeruk maupun pir,” katanya.

Berbeda dengan Jumadi, Sofiatun mengaku belum melayani banyak pembeli.

“Mungkin 3-4 hari jelang Imlek permintaannya akan meningkat. Kalau sekarang masih sedikit, paling baru 10 boks,” katanya. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home