Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:52 WIB | Rabu, 21 Desember 2016

Jelang Natal Ormas Dilarang Lakukan Aksi Sweeping

Ilustrasi: Pasukan pengamanan polri dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2016. (Foto: ntmcpolri.info)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Jelang Natal tahun 2016, yang tinggal kurang beberapa hari lagi, seluruh tim Kepolisian khususnya Polda Jawa Barat telah menyiapkan langkah-langkah preventif maupun pre-emtif (upaya awal yang dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya tindak pidana).

Untuk mengantisipasi adanya ormas yang melakukan sweeping tempat-tempat yang menggunakan ornamen Natal, selain akan menindak tegas, upaya persuasif dengan melakukan pendekatan terhadap ormas juga dilakukan.

Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan saat dikonfirmasi menyampaikan tim telah melakukan pendekatan kepada ormas-ormas, untuk bisa persuasif bahwa sweeping tidak boleh dilakukan, sebab, kata Anton, hanya petugas berwenang yang boleh melaksanakan sweeping.

“Kita juga turunkan Telegram Rahasia (TR ), barang siapa yang mengadakan sweeping akan ditindak tegas. Karena sweeping itu tindakan polisional. Hanya petugas yang berwenang yang boleh melaksanakan sweeping,” katanya.

Sementara itu, pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru juga akan ditingkatkan. Personel kepolisian akan dikerahkan untuk bersiaga di gereja-gereja maupun lokasi yang dinilai rawan.

“Di setiap gereja terutama di daerah-daerah yang dinilai cukup rawan, dan akan menimbulkan kerawanan, sudah kita antisipasi. Mungkin sekarang antisipasi agak lebih ekstra dengan adanya kejadian di Turki, karena di sini pun juga merupakan salah satu daerah kantong ideologi radikal,” katanya.

Karena itu, Anton mengatakan, pola pengamanan disiapkan baik pengamanan terbuka, tertutup, hingga melibatkan unsur TNI. Selain itu, pengamanan di tempat-tempat tertentu juga akan diperketat dengan menggunakan metal detector, jihandak, dan lainnya. (ntmcpolri.info)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home