Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:44 WIB | Rabu, 18 November 2020

Jepang dan Australia Sepakati Pakta Pertahanan

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dan Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, dalam pertemuan di Tokyo, hari Selasa (17/11). (Foto: Reuters)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Jepang dan Australia menyetujui pakta pertahanan terobosan pada hari Selasa (17/11) yang memfasilitasi kunjungan timbal balik untuk pelatihan dan operasi militer.

Perjanjian Akses Timbal Balik memperkuat hubungan pertahanan antara kedua sekutu Amerika Serikat itu pada saat China menegaskan perannya di kawasan tersebut dan Amerika Serikat sedang melalui transisi kepemimpinan.

Kerangka hukum yang memungkinkan pasukan Jepang dan Australia untuk mengunjungi negara satu sama lain dan melakukan pelatihan serta operasi bersama, yang pada prinsipnya disetujui oleh Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, dan mitranya dari Australia, Scott Morrison, yang mengunjungi Tokyo.

“Di kawasan Indo-Pasifik, kerja sama pertahanan dan keamanan antara Jepang dan Australia, yang memiliki kemauan dan kapasitas untuk berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas kawasan, menjadi semakin penting,” kata Suga dalam konferensi pers bersama.

"Dengan ini saya mengumumkan bahwa kami pada prinsipnya mencapai kesepakatan tentang perjanjian akses timbal balik, yang telah dinegosiasikan untuk meningkatkan kerja sama keamanan dan pertahanan antara Jepang dan Australia ke tingkat yang baru."

Ini akan menjadi perjanjian pertama Jepang yang mencakup kehadiran militer asing di wilayahnya sejak status perjanjian pasukan pada tahun 1960. Perjanjian itu memungkinkan Amerika Serikat untuk menempatkan kapal perang, jet tempur, dan ribuan pasukan di dalam dan sekitar Jepang sebagai bagian dari aliansi yang digambarkan Washington sebagai landasan keamanan regional.

“Kemitraan strategis khusus kami menjadi lebih kuat, khususnya karena hari ini kami telah mengambil langkah maju yang signifikan di Jepang dan Australia dalam mencapai kesepakatan prinsip tentang perjanjian pertahanan penting, Perjanjian Akses Timbal Balik,” kata Morrison.

Kedua negara telah merundingkan kesepakatan pertahanan selama enam tahun. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home