Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:28 WIB | Selasa, 17 Januari 2017

Jepang dan Indonesia Kerja Sama Berantas Terorisme

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan PM Jepang Shinzo Abe menyaksikan Akie Abe menandatangani buku tamu, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, hari Minggu (15/1) sore. (Foto: setkab.go.id/Agung)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Kepala Biro Pres, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, hari Senin (16/1), menjelaskan Indonesia dan Jepang menyepakati bekerja sama dalam pemberantasan terorisme.

Hal ini menjadi salah satu poin kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Istana Bogor.

"Di tengah penyebaran paham terorisme di Asia, maka kami sepakat bahwa Jepang akan bekerja sama dengan Indonesia yang merupakan negara besar dengan mayoritas penduduknya Muslim moderat,” kata dia.  

Selain soal terorisme, pertemuan yang berlangsung hangat dan terbuka itu juga menghasilkan sejumlah kesepakatan dalam politik, ekonomi, maritim, dan sosial budaya. Indonesia meminta kepada pihak Jepang untuk membuka akses terhadap produk-produk hasil pertanian dan perikanan Indonesia.

Kesepakatan lainnya adalah kerja sama dalam meningkatkan akses dan kapasitas keperawatan Indonesia untuk dapat memenuhi pasar di Jepang. Juga dimulainya general review Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement pada tahun ini.

Kedua negara juga membahas permintaan Indonesia untuk membuka rute penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Los Angeles via Tokyo, kerja sama dalam konteks two plus two antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara, dan peningkatan kerja sama di bidang ekonomi di mana termasuk di dalamnya rencana pembangunan Pelabuhan Patimban.

PM Shinzo Abe dan Akie Abe disambut disambut Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di halaman Istana Kepresidenan Bogor pada Minggu (15/1) sekitar pukul 16.00 WIB. Kehadiran PM Jepang ini disambut dalam upacara resmi kenegaraan.

Selain itu, sebanyak ratusan pelajar dari SDN Polisi 4, Bogor, Jawa Barat, juga berdiri membentuk barisan untuk menyambut mereka.

Mengenakan pakaian adat dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, para pelajar tersebut mengibarkan bendera Indonesia dan Jepang sebagai tanda persahabatan.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo kemudian menyambut langsung dan menyalami PM Shinzo beserta istri. Keduanya kemudian berjalan untuk mengikuti upacara kenegaraan.

Setelah melakukan pemeriksaan pasukan, Presiden Joko Widodo memperkenalkan para menteri dan delegasi yang hadir pada acara penyambutan tersebut. Hal yang sama turut dilakukan PM Shinzo Abe.  (kemenag.go.id)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home