Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:29 WIB | Jumat, 11 Mei 2018

Jepang Gunakan Drone untuk Tebarkan Benih Padi di Sawah

Ilustrasi. Lahan sawah dengan padi yang sudah menguning, dikelilingi warna-warni higanbana atau spider lilies, menjadi pemandangan asri setiap bulan September di wilayah Fukuoka, Jepang. (Foto: Japan Travel)

HIROSHIMA, SATUHARAPAN.COM – Para pejabat pertanian di Hiroshima, Jepang barat, melakukan uji coba penggunaan wahana tak berawak atau drone untuk menebar benih padi langsung di atas sawah guna mengurangi beban para petani yang semakin menua.

Sebuah koperasi pertanian setempat di Kota Higashi Hiroshima, seperti diberitakan Kantor Berita NHK, melakukan percobaan pertama pada hari Kamis (10/5/2018) dengan target meningkatkan efisiensi pertanian yang biasanya melibatkan proses penanaman bibit yang ditumbuhkan dari benih secara terpisah.

Dalam uji coba tersebut, seorang pejabat yang menerbangkan drone dengan tangki yang memuat benih padi menebarkannya dari ketinggian sekitar 2 meter di atas tanah. Dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk petak sawah berukuran 2.000 meter persegi. Para pejabat menyatakan bahwa waktu tersebut seperenam dari yang dibutuhkan untuk menanam bibit padi dengan cara biasa.

Seorang pejabat tinggi koperasi itu menyatakan bahwa drone tipe ini ukurannya kecil dan relatif tidak berisik sehingga bisa digunakan di kawasan pegunungan yang tidak dapat dicapai mesin-mesin besar atau di kawasan permukiman.

Jepang, mengutip dari Wikipedia, adalah negara produsen beras terbesar kesembilan di dunia. Dengan lahan sawah umumnya yang tidak terlalu luas, Jepang memanfaatkan mekanisasi pertanian dalam budidaya padi. Namun, beberapa tahun belakangan Jepang menghadapi kenyataan produksi beras cenderung menurun, dengan petani yang semakin menua. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home