Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:58 WIB | Rabu, 22 Juli 2020

Jepang Izinkan Dexamethasone untuk Obati Pasien COVID-19 Parah

Dexamethasone. (Foto ilustrasi: Kyodo)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Kementerian Kesehatan Jepang telah menyetujui penggunaan obat steroid dexamethasone untuk pengobatan pasien virus corona yang baru pada hari Selasa (21/7), setelah persetujuan remdesivir pada bulan Mei.

Dexamethasone telah menarik perhatian internasional sejak dilaporkan di Inggris bulan lalu bahwa obat itu mengurangi kematian di antara pasien dengan kasus COVID-19 yang parah, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus tersebut.

Obat murah dan mudah didapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi termasuk penyakit paru-paru. Itu juga dilindungi oleh asuransi kesehatan.

Dexamethasone disebutkan sebagai obat yang disetujui pemerintah dalam versi revisi dari buku pegangan Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan untuk mengobati pasien COVID-19.

Buku pegangan itu, yang direvisi pada hari Jumat, mengutip pencantuman obat tersebut dalam sebuah penelitian oleh University of Oxford, Inggris, dan revisi pedoman untuk merawat pasien COVID-19 oleh National Institutes of Health Amerika Serikat.

Membandingkan sekitar 2.100 pasien yang diberi obat selama 10 hari dan 4.300 pasien yang tidak diberi obat itu, tim University of Oxford mengatakan pada bulan Juni bahwa obat tersebut mengurangi kematian sebesar sepertiga di antara pasien yang berventilasi, dan seperlima di antara pasien yang hanya menerima oksigen.

Namun demikian, angka kematian tidak berubah untuk pasien yang tidak memerlukan bantuan pernapasan, katanya.

Mempertimbangkan hasil studi Oxford, NIH merevisi pedomannya untuk merekomendasikan bahwa obat tersebut diberikan kepada pasien berventilasi dan mereka yang membutuhkan injeksi oksigen.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan obat itu "dapat menyelamatkan nyawa bagi pasien yang sakit kritis dengan COVID-19." (Kyodo)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home