Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 15:16 WIB | Senin, 12 September 2016

Jepang: Kapal Tiongkok Masuki Perairan Kepulauan Sengketa

Pesawat Jepang melintasi kepulauan Senkaku. (Foto: midwestdiplomacy.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Jepang menyatakan sebanyak empat kapal Tiongkok berlayar memasuki laut teritorial sekitar kepulauan sengketa di Laut Tiongkok Timur ditengah upaya Jepang berupaya merangkul Tiongkok dalam menekan Korea Utara atas uji coba nuklir.

Penjaga Pantai Jepang menjelaskan keempat kapal penjaga pantai Tiongkok memasuki perairan Kepulauan Senkaku sekitar pukul 10:30 waktu setempat.

"Keempat kapal tersebut berada di kepulauan Senkaku selama 90 menit lalu pergi meninggalkan kepulauan tersebut," kata dia pada hari Senin (12/9). 

Tiongkok dan Jepang sudah sekian lama terlibat sengketa atas kepemilikan kepulauan tidak berpenguni tersebut. Tiongkok mengklaim kepulauan tersebut sebagai wilayahnya dan membantah telah melanggar laut teritorial Jepang.

Insiden ini terjadi di tengah ketegangan di kawasan setelah Korea Utara melakukan uji coba nuklir kelima sekaligus terbesar pada Jumat pekan lalu sehingga membuat geram negara-negara tetangganya dan masyarakat dunia.

Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan meminta Tiongkok sebagai salah satu sekutu Korea Utara untuk menggunakan pengaruhnya guna membujuk Pyongyang untuk mematuhi resolusi sanksi PBB. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home