Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:09 WIB | Rabu, 02 Mei 2018

Jepang Mulai Kampanye “Cool Biz”

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengenakan busana kasual memasuki Kampanye Cool Biz yang berlangsung Mei - Oktober, untuk memangkas emisi gas rumah kaca dari rumah tangga sekitar 40 persen sebelum tahun 2030. (Foto: cnbc.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Kampanye tahunan musim panas Jepang “Cool Biz” telah dimulai. Masyarakat di seluruh Jepang didorong untuk berpakaian kasual untuk mengurangi penggunaan penyejuk ruangan.

Dalam kampanye berdurasi lima bulan tersebut, Kementerian Lingkungan mendorong masyarakat untuk mengatur suhu penyejuk ruangan pada 28 derajat celsius di kantor maupun di rumah. Pada hari Selasa (1/5/2018), cuaca seperti musim panas dirasakan di hampir seluruh penjuru Jepang.

Pada pagi hari, seperti dilaporkan Kantor Berita NHK, banyak pria mengenakan pakaian kasual tanpa dasi saat tiba di kantor-kantor pemerintahan di Distrik Kasumigaseki di Tokyo. Di Kementerian Lingkungan, orang-orang mengenakan kemeja lengan pendek khas Okinawa dan menggunakan kipas.

Seorang pria dengan kemeja Hawaii dan sepatu kets mengatakan dia merasa sejuk dan nyaman. Pemerintah Jepang bertujuan untuk memangkas emisi gas rumah kaca dari rumah tangga sekitar 40 persen dari tingkat di tahun 2013, sebelum tahun 2030.

Kampanye “Cool Biz” digagas oleh Menteri Lingkungan Yuriko Koike, yang menjabat pada era pemerintahan Perdana Menteri Junichirō Koizumi. Wikipedia menyebutkan kampanye awalnya digelar Juni hingga September. Namun, pada 2011 diperpanjang ketika terjadi keterbatasan pasokan aliran listrik akibat gempa bumi Tohoku dan tsunami. Kini kampanye itu berlangsung dari Mei hingga Oktober.

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home