Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:46 WIB | Sabtu, 07 Agustus 2021

Jepang Peringati 76 Tahun Bom Atom Hiroshima

Jepang Peringati 76 Tahun Bom Atom Hiroshima
Seorang anak berdoa di depan tugu peringatan yang didedikasikan untuk para korban bom atom di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang barat, hari Jumat, 6 Agustus 2021. Hiroshima pada hari Jumat menandai peringatan ke-76 tahun bom atom pertama di dunia. (Foto-foto: Kyodo via AP)
Jepang Peringati 76 Tahun Bom Atom Hiroshima
Walikota Hiroshima, Kazumi Matsui menyampaikan pidato saat upacara di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang.
Jepang Peringati 76 Tahun Bom Atom Hiroshima
Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, menyampaikan pidato selama upacara di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang.
Jepang Peringati 76 Tahun Bom Atom Hiroshima
Seorang pengunjung berdoa di depan Kubah Bom Atom di Hiroshima, Jepang barat hari Jumat (6/8) pagi.

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Hiroshima pada hari Jumat (6/8) menandai peringatan ke-76 pemboman atom pertama di dunia. Dan wali kota kota Jepang mendesak para pemimpin global untuk bersatu untuk melenyapkan senjata nuklir, sama seperti mereka bersatu melawan virus corona.

Wali kota Hiroshima, Kazumi Matsui, mendesak para pemimpin dunia untuk berkomitmen pada perlucutan senjata nuklir, seserius mereka mengatasi pandemi yang diakui masyarakat internasional sebagai "ancaman bagi kemanusiaan."

“Senjata nuklir, yang dikembangkan untuk memenangkan perang, merupakan ancaman pemusnahan total yang pasti bisa kita akhiri, jika semua negara bekerja sama,” kata Matsui. “Tidak ada masyarakat yang berkelanjutan yang mungkin dengan senjata-senjata ini yang terus-menerus siap untuk pembantaian tanpa pandang bulu.”

Amerika Serikat menjatuhkan bom atom pertama di dunia di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, menghancurkan kota dan membunuh 140.000 orang. Ia menjatuhkan bom kedua tiga hari kemudian di Nagasaki, menewaskan 70.000 lainnya. Jepang menyerah pada 15 Agustus, mengakhiri Perang Dunia II dan hampir setengah abad agresinya di Asia.

Tetapi negara-negara menimbun senjata nuklir dalam Perang Dingin dan kebuntuan berlanjut hingga hari ini.

Perjanjian global tentang Larangan Senjata Nuklir mulai berlaku pada Januari setelah bertahun-tahun upaya sipil yang diikuti oleh para penyintas bom atom, atau hibakusha. Tetapi sementara lebih dari 50 negara telah meratifikasinya, perjanjian itu terutama tidak memiliki kekuatan terhadap nuklir Amerika Serikat dan negara lainnya, serta Jepang, yang mengandalkan payung nuklir AS untuk pertahanannya sejak perang berakhir.

Matsui memperbaharui tuntutannya agar pemerintahnya sendiri “segera” menandatangani dan meratifikasi perjanjian tersebut dan bergabung dalam diskusi, untuk memenuhi keinginan lama para penyintas bom atom. Dia juga menuntut Jepang menyediakan mediasi yang produktif antara negara-negara yang memiliki senjata nuklir dan non-nuklir.

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, yang menghadiri upacara di Hiroshima, tidak menyebutkan perjanjian itu dan malah menekankan perlunya pendekatan yang lebih "realistis" untuk menjembatani negara-negara yang memiliki senjata nuklir dan non-nuklir dan dengan memperkuat NPT( Traktat Non Proliferasi Nuklir). Kemudian pada konferensi pers, Suga mengatakan dia tidak punya rencana untuk menandatangani perjanjian itu.

“Perjanjian itu tidak memiliki dukungan tidak hanya dari negara-negara pemilik senjata nuklir termasuk Amerika Serikat, tetapi juga dari banyak negara yang tidak memiliki senjata nuklir,” kata Suga. “Yang tepat adalah mencari jalan untuk secara realistis mempromosikan perlucutan senjata nuklir.”

Suga juga meminta maaf karena secara tidak sengaja melewatkan bagian dari pidatonya termasuk janji untuk mengejar upaya mencapai dunia bebas nuklir sebagai kepala satu-satunya negara di dunia yang menderita serangan bom atom dan sepenuhnya menyadari ketidakmanusiawiannya.

Dampak Berkepanjangan para Hibakusha

Banyak orang yang selamat dari pengeboman memiliki luka dan penyakit yang berkepanjangan terkait dengan bom dan paparan radiasi dan menghadapi diskriminasi dalam masyarakat Jepang.

Pemerintah mulai mendukung secara medis para penyintas bersertifikat pada tahun 1968 setelah lebih dari 20 tahun upaya para penyintas.

Pada bulan Maret, 127.755 orang yang selamat, yang usia rata-ratanya sekarang hampir 84 tahun, disertifikasi sebagai hibakusha dan memenuhi syarat untuk dukungan medis pemerintah, menurut kementerian kesehatan dan kesejahteraan.

Suga mengumumkan bulan lalu manfaat medis akan diberikan kepada 84 korban selamat Hiroshima yang ditolak bantuannya karena mereka berada di luar batas yang ditetapkan pemerintah. Para korban terkena “hujan hitam” radioaktif yang turun di kota tersebut setelah pengeboman dan berjuang dalam perjuangan hukum yang panjang agar masalah kesehatan mereka diakui.

Matsui mendesak pemerintah Suga untuk lebih memperluas dukungan dan memberikan bantuan yang murah hati dengan cepat menjangkau semua orang yang masih menderita efek fisik dan emosional dari radiasi, termasuk korban hujan hitam yang bukan bagian dari gugatan.

Upacara hari Kamis (5/8) di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima diperkecil secara signifikan karena pandemi virus corona dan juga dikalahkan oleh Olimpiade yang diadakan di Tokyo, di mana bahkan televisi nasional NHK dengan cepat beralih siaran ke pertandingan setelah pidato utama. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home