Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:32 WIB | Selasa, 08 Mei 2018

Jepang Persiapkan Diri Hadapi Gempa Nankai

Ilustrasi. Jepang tak pernah lepas dari ancaman gempa bumi dan topan, seperti gempa bumi hebat Tohoku yang melanda pada tahun 2011. (Foto: en.japantravel.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Para pejabat Kementerian Pertanahan Jepang melangsungkan latihan mengenai cara merespons terhadap informasi darurat terkait gempa dahsyat yang mungkin terjadi di sepanjang Patahan Nankai di lepas Pantai Pasifik. Latihan yang diadakan pada hari Senin (7/5/2018) tersebut adalah latihan pertama sejak Badan Meteorologi Jepang memasang sistem baru pada bulan November lalu untuk menyediakan informasi mengenai gempa besar yang mungkin mengguncang kawasan itu.

Badan tersebut akan mengeluarkan peringatan saat fenomena tidak biasa terlihat di sepanjang Patahan Nankai, yang menyiratkan naiknya kemungkinan guncangan dahsyat terjadi. Latihan itu berdasarkan skenario di mana gempa bumi berkekuatan 7,5 terjadi di lepas pantai Jepang tengah pada pukul 04.30 dini hari. Badan itu mengeluarkan informasi darurat pada pukul 7 pagi, karena guncangan tersebut dianggap sebagai guncangan pendahuluan.

Dalam skenario itu, gempa bumi berkekuatan 9,1 mengguncang pada siang hari berikutnya di perairan sebelah selatan Provinsi Wakayama, Jepang barat. Menyusul pemberitahuan darurat itu, Menteri Pertanahan Keiichi Ishii memerintahkan pejabat dari biro setempat terkait untuk melanjutkan pengawasan ketat terhadap kawasannya.

Para pejabat biro setempat juga ambil bagian dalam telekonferensi bagi latihan itu untuk mengoordinasikan respons mereka. Mereka melaporkan telah menutup gerbang banjir untuk mempersiapkan tsunami, dan mengutus beberapa staf ke daerah-daerah yang mungkin terdampak parah oleh guncangan. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home