Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:38 WIB | Rabu, 25 Januari 2023

Jerman Beri Lampu Hijau Pengiriman Tank Leopard ke Ukraina

Menteri Pertahanan baru Jerman, Boris Pistorius (kanan) dan ketua NATO, Jens Stoltenberg, memberikan konferensi pers bersama setelah pembicaraan pada hari Selasa, 24 Januari 2023 di Kementerian Pertahanan di Berlin. (Foto: AFP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Jerman berada di bawah tekanan internasional yang kuat dalam beberapa pekan terakhir untuk mengizinkan ekspor tank Leopard buatan Jerman yang kuat ke Ukraina untuk membantunya mengusir invasi Rusia.

Berlin sejauh ini menolak memberikan izin meskipun ada tuntutan yang meningkat dari banyak sekutunya.

Tetapi Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius, mengindikasikan pada hari Selasa (24/1) bahwa sebuah keputusan akan segera diambil, mengungkapkan bahwa dia telah "tegas mendorong negara-negara mitra yang memiliki tank Leopard yang siap ditempatkan untuk melatih pasukan Ukraina dengan tank-tank ini".

"Saya berharap keputusan segera dibuat," tambahnya menjelang pertemuan dengan Ketua NATO, Jens Stoltenberg di Berlin.

Stoltenberg menyambut "pesan yang jelas" dari menteri, "karena setelah keputusan diambil tentang pengiriman tank tempur, akan membutuhkan waktu untuk ... membuatnya siap" dan untuk melatih tentara Ukraina untuk menggunakannya.

Dia menambahkan bahwa dia mengharapkan keputusan "segera".

“Kita harus menyediakan sistem yang lebih berat dan lebih maju ke Ukraina, dan kita harus melakukannya lebih cepat,” kata Stoltenberg.

Moskow tidak menunjukkan tanda-tanda mengubah arah dalam invasinya, tambahnya. "Kami tidak memiliki indikasi bahwa Presiden (Vladimir) Putin telah mengubah tujuannya... Satu-satunya cara untuk perdamaian abadi adalah menjelaskan kepada Putin bahwa dia tidak akan menang di medan perang," katanya.

Pistorius telah menekankan sebelumnya bahwa Berlin tidak menentang pengiriman Leopard tetapi belum membuat keputusan. "Kami mendukung Ukraina agar tidak kalah dalam perang ini, untuk memenangkannya melawan Rusia," katanya dalam wawancara dengan penyiar ZDF.

"Dan untuk tujuan itu, Jerman melakukan lebih dari sekutu lainnya kecuali AS."

Ditanya kapan Jerman berencana membuat keputusan tentang tank Leopard, Pistorius mengatakan itu bukan keputusannya. "Keputusan ini akan dibuat di kanselir," katanya.

Dia juga membela Kanselir Olaf Scholz dari tuduhan ragu-ragu apakah akan menyetujui pengiriman tank Leopard. "Memimpin bukan berarti terus maju secara membabi buta," katanya. "Dan jika keputusannya membutuhkan satu atau dua hari lagi, maka begitulah adanya."

Pistorius menjabat pekan lalu pada saat yang genting bagi kementerian pertahanan Jerman.

Sementara banyak negara telah menjanjikan perangkat keras militer untuk Ukraina, Kiev menuntut tank Leopard yang lebih kuat, yang dipandang sebagai kunci untuk menerobos garis musuh.

Tank-tank itu digunakan oleh beberapa negara Uni Eropa tetapi negara-negara ini memerlukan izin Berlin untuk mengirim persenjataan buatan Jerman ke Ukraina di bawah tindakan kontrol senjata perang Jerman.

Polandia pada hari Senin meningkatkan tekanan pada Berlin dengan mengatakan akan siap untuk melanjutkan pengiriman tank tanpa izin. Tapi Pistorius bersikeras tidak ada perpecahan di antara sekutu Barat Ukraina.

Pengamat akan "disarankan dengan baik untuk tidak secara sembrono memunculkan divisi yang seharusnya ini di dalam NATO", katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home