Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:14 WIB | Kamis, 01 Juni 2023

Jerman Cabut Izin Empat Konsulat Rusia

Bendera nasional Jerman berkibar di depan gedung Reichstag, kursi majelis rendah parlemen Bundestag, di Berlin, Jerman, pada 5 April 2022. (Foto: Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Jerman mencabut izin empat dari lima konsulat Rusia di negara itu, kata juru bicara kementerian luar negeri pada hari Rabu (31/5).

Langkah itu dilakukan sebagai tanggapan atas keputusan Moskow untuk membatasi jumlah pejabat Jerman di Rusia menjadi 350 orang, kata juru bicara itu, seraya menambahkan bahwa penarikan itu akan selesai pada akhir tahun.

Konsulat Jerman di Kaliningrad, Yekaterinburg dan Novosibirsk akan ditutup, hanya menyisakan kedutaan Jerman di Moskow dan konsulat di St Petersburg yang beroperasi, tambah juru bicara itu.

Jerman juga menganggap serangan Ukraina di wilayah Rusia adalah sah menurut hukum internasional, kata juru bicara pemerintah di Berlin pada Rabu.

Rusia mengatakan pada hari Selasa bahwa Ukraina meluncurkan serangan drone terbesarnya ke Moskow tetapi pertahanan udara menghancurkan kedelapan drone tersebut.

Serangan drone jauh di dalam wilayah Rusia telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir, dengan serangan terhadap instalasi pipa minyak dan bahkan di Kremlin awal bulan ini, yang dituding Moskow dilakukan oleh Ukraina.

Sementara itu, Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka akan menanggapi apa yang disebutnya keputusan "provokatif" Jerman untuk menutup empat dari lima konsulat Rusia di negara itu dengan mencabut izin mereka.

“Tidak ada keraguan di Berlin bahwa tindakan provokatif yang dianggap buruk ini tidak akan kami jawab,” kata kementerian luar negeri Rusia dalam sebuah pernyataan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home