Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:32 WIB | Kamis, 24 Februari 2022

Jerman dan AS Jatuhkan Sanksi pada Proyek Pipa Gas Rusia

Foto diambil pada 7 September 2020 menunjukkan fasilitas saluran gas Nord Stream 2 di Lubmin, timur laut Jerman. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengumumkan bahwa AS akan bergabung dengan Jerman dalam menjatuhkan sanksi pada proyek pipa gas alam Nord Stream 2 Rusia sebagai pembalasan atas tekanan militer Moskow yang meningkat terhadap Ukraina.

Penargetan Nord Stream 2, salah satu inisiatif geostrategis profil tertinggi Rusia yang kaya energi, menambah sanksi Barat yang diumumkan oleh AS dan sekutu Eropa pekan ini terhadap dua bank Rusia, beberapa oligarki, dan tindakan lainnya.

Pipa gas itu dibangun untuk menyalurkan gas alam Rusia ke Jerman di bawah laut Baltik, melewati rute darat saat ini yang melintasi Ukraina, Nord Stream 2 telah lama menjadi kontroversi. Itu sepenuhnya dibangun, tetapi belum digunakan.

"Saya telah mengarahkan pemerintahan saya untuk menjatuhkan sanksi pada Nord Stream 2 AG dan pejabat perusahaannya," kata Biden dalam sebuah pernyataan, hari Rabu (23/2) setelah Jerman mengumumkan penghentian proyek tersebut pada hari Selasa.

Meskipun pipa tersebut dipandang sebagai cara yang efisien untuk memasok energi ke Uni Eropa, yang sangat bergantung pada Moskow, para kritikus mengatakan hal itu juga akan memperketat cengkeraman strategis Rusia di negara-negara Eropa, sementara dengan sengaja melemahkan Ukraina.

Gedung Putih sebelumnya telah memblokir upaya Kongres untuk menjatuhkan sanksi terhadap pipa tersebut, dengan mengatakan bahwa konstruksi sudah lebih dari 90 persen selesai pada saat Biden menjabat dan bahwa sekutu Jerman ingin proyek itu diselesaikan.

Namun, Rusia mengejutkan dunia dengan mengerahkan pasukan di perbatasan Ukraina dan para pemimpin Barat sekarang mengatakan invasi sudah berlangsung, baik Berlin dan Washington tiba-tiba bergeser posisi.

“Dengan bertindak bersama dengan Jerman bagaimana kami melakukannya, kapan kami melakukannya, dan cara kami melakukannya, kami telah memastikan bahwa ini adalah investasi hadiah US$ 11 miliar yang sekarang menjadi sebongkah baja, beradadi dasar laut, kata Juru bicara Departemen Luar Negeri, Ned Price, mengatakan.

Dalam pernyataannya, Biden memuji Jerman sebagai “pemimpin” dalam masalah ini dan mengatakan bahwa “seperti yang telah saya jelaskan, kami tidak akan ragu untuk mengambil langkah lebih lanjut jika Rusia terus meningkat.”

“Melalui tindakannya, Presiden Putin telah memberi dunia insentif yang luar biasa untuk menjauh dari gas Rusia dan ke bentuk energi lain,” kata Biden.

Namun, dalam jangka pendek, ada kekhawatiran bahwa penutupan Nord Stream 2 akan mendorong Rusia untuk menggunakan sumber dayanya untuk menekan pasar energi Eropa yang sudah tertekan, serta mendorong harga bahan bakar yang lebih tinggi di AS, di mana Biden menghadapi tantang politik yang kuat atas inflasi.(AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home