Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 08:45 WIB | Senin, 31 Oktober 2022

Jerman dan UE Akan Masukan IRGC Iran dalam Daftar Teroris

Protes warga Iran terus berlangsung di sejumlah universitas, meskipun ada ultimatum dari IRGC.
Gambar ini diambil dari video UGC yang diposting pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022, menunjukkan pasukan keamanan menembaki gedung-gedung Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Kurdistan di Sanandaj, kota utama provinsi Kurdistan Iran. (Foto: AFP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Jerman dan Uni Eropa sedang memeriksa apakah akan mengklasifikasikan Pasukan Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran sebagai organisasi teroris, Menteri Luar Negeri, Annalena Baerbock, mengatakan pada hari Minggu (30/10).

“Saya menjelaskan pekan lalu bahwa kami akan meluncurkan paket sanksi lain, bahwa kami akan memeriksa bagaimana kami juga dapat memasukkan Garda Revolusi (IRGC) sebagai organisasi teroris,” kata Baerbock dalam sebuah wawancara dengan penyiar ARD pada hari Minggu.

Komentarnya muncul setelah kepala Garda Revolusi memperingatkan para pengunjuk rasa bahwa hari Sabtu akan menjadi hari terakhir mereka turun ke jalan, sebagai tanda bahwa pasukan keamanan dapat mengintensifkan tindakan keras mereka terhadap kerusuhan yang meluas.

Jerman pekan lalu mengatakan pihaknya memperketat pembatasan masuk ke Iran di luar paket sanksi Uni Eropa yang sudah diumumkan.

Baebock juga mengatakan saat ini tidak ada negosiasi tentang perjanjian nuklir antara Iran dan Barat.

Protes Terus Berlanjut

Protes di Iran memasuki fase yang lebih keras pada hari Minggu ketika para siswa, yang menentang ultimatum oleh IRGC dan peringatan dari presiden, disambut dengan gas air mata dan tembakan dari pasukan keamanan, video media sosial menunjukkan.

Konfrontasi di belasan universitas memicu ancaman tindakan keras yang lebih keras dalam demonstrasi pekan ketujuh yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun setelah dia ditangkap oleh polisi moral karena pakaian yang dianggap tidak pantas.

"Keamanan adalah garis merah Republik Islam (Iran), dan kami tidak akan membiarkan musuh menerapkan dengan cara apa pun rencananya untuk merusak aset nasional yang berharga ini," kata Presiden dari kelom pok garis keras, Ebrahim Raisi, menurut media pemerintah.

Warga Iran dari semua lapisan masyarakat telah turun ke jalan sejak kematian Amini dalam protes yang menurut para ulama membahayakan keamanan Republik Islam.

Pihak berwenang menuduh musuh bebuyutan Islam Iran, Amerika Serikat, dan Israel dan agen lokal mereka berada di belakang kerusuhan untuk mengacaukan negara.

Apa yang dimulai sebagai kemarahan atas kematian Amini pada 16 September telah berkembang menjadi salah satu tantangan terberat bagi penguasa ulama sejak revolusi 1979, dengan beberapa pengunjuk rasa menyerukan kematian Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei.

Komandan tertinggi Pengawal Revolusi Iran mengatakan kepada pengunjuk rasa bahwa hari Sabtu akan menjadi hari terakhir mereka turun ke jalan, peringatan paling keras dari otoritas Iran.

Namun demikian, video di media sosial, yang tidak dapat diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan konfrontasi antara mahasiswa dan polisi anti huru-hara dan pasukan Basij pada hari Minggu di universitas-universitas di seluruh Iran.

Satu video menunjukkan seorang anggota pasukan Basij menembakkan senjata dari jarak dekat ke mahasiswa yang memprotes di cabang Universitas Azad di Teheran. Suara tembakan juga terdengar dalam video yang dibagikan oleh kelompok hak asasi HENGAW dari protes di Universitas Kurdistan di Sanandaj. Video dari universitas di beberapa kota lain juga menunjukkan pasukan Basij menembaki mahasiswa.

Di seluruh negeri, pasukan keamanan mencoba memblokir mahasiswa di dalam gedung universitas, menembakkan gas air mata dan memukuli pengunjuk rasa dengan tongkat. Para siswa, yang tampaknya tidak bersenjata, mendorong mundur, dengan beberapa meneriakkan “Basij yang tidak terhormat tersesat” dan “Matilah Khamenei”.

Sejarah Tindakan Keras Iran

Media sosial melaporkan penangkapan setidaknya selusin dokter, jurnalis, dan artis sejak hari Sabtu. Kantor berita aktivis HRANA mengatakan 283 pengunjuk rasa telah tewas dalam kerusuhan pada hari Sabtu (29/10) termasuk 44 anak di bawah umur. Sekitar 34 anggota pasukan keamanan juga tewas.

Lebih dari 14.000 orang telah ditangkap, termasuk 253 mahasiswa, dalam protes di 132 kota besar dan kecil, dan 122 universitas, katanya.

Garda (IRGC) dan pasukan Basij yang berafiliasi dengannya telah menghancurkan perbedaan pendapat di masa lalu. Mereka mengatakan pada hari Minggu, "penghasut" menghina mereka di universitas dan di jalan-jalan, dan memperingatkan mereka mungkin menggunakan lebih banyak kekuatan jika kerusuhan anti pemerintah berlanjut.

“Sejauh ini, Basiji telah menunjukkan pengekangan dan mereka telah bersabar,” kata kepala Garda Revolusi di Provinsi Khorasan Junubi, Brigadir Jenderal Mohammadreza Mahdavi, seperti dikutip oleh kantor berita negara IRNA. "Tapi itu akan di luar kendali kita jika situasinya terus berlanjut."

Seruan Pembebasan Wartawan

Lebih dari 300 jurnalis Iran menuntut pembebasan dua rekannya yang dipenjara karena liputan mereka tentang Mahsa Amini dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Etemad Iran dan surat kabar lainnya pada hari Minggu.

Niloofar Hamedi mengambil foto orang tua Amini saling berpelukan di rumah sakit Teheran di mana putri mereka terbaring koma.

Gambar, yang diposting Hamedi di Twitter, adalah sinyal pertama kepada dunia bahwa semuanya tidak baik dengan keadaan Amini, yang telah ditahan tiga hari sebelumnya oleh polisi moral Iran karena pakaian yang mereka anggap tidak pantas.

Elaheh Mohammadi meliput pemakaman Amini di kampung halamannya di Kurdi, Saqez, tempat protes dimulai. Sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh kementerian intelijen Iran dan organisasi intelijen Garda Revolusi pada hari Jumat menuduh Hamedi dan Mohammadi sebagai agen asing CIA.

Pelajar dan perempuan telah memainkan peran penting dalam kerusuhan itu, membakar cadar mereka saat massa menyerukan jatuhnya Republik Islam, yang berkuasa pada 1979.

Seorang pejabat mengatakan pada hari Minggu bahwa lembaga tersebut tidak memiliki rencana untuk mundur dari aturan kewajiban berjilbab, tetapi harus "bijaksana" tentang penegakannya.

“Membuka cadar adalah melanggar hukum kami dan markas ini tidak akan mundur dari posisinya,” Ali Khanmohammadi, juru bicara markas besar Iran untuk Mempromosikan Kebajikan mengatakan kepada situs web Khabaronline.

“Namun, tindakan kita harus bijaksana untuk menghindari memberi musuh dalih untuk menggunakannya melawan kita.”

Dalam upaya lebih lanjut untuk meredakan situasi, Ketua Parlemen, Mohammad Baqer Qalibaf, mengatakan orang-orang benar untuk menyerukan reformasi dan tuntutan mereka akan dipenuhi jika mereka menjauhkan diri dari "penjahat" yang turun ke jalan.

“Kami menganggap protes tidak hanya benar dan penyebab kemajuan, tetapi kami juga percaya bahwa gerakan sosial ini akan mengubah kebijakan dan keputusan, asalkan mereka dipisahkan dari orang-orang yang melakukan kekerasan, penjahat dan separatis,” katanya, menggunakan istilah yang biasanya digunakan pejabat untuk para pengunjuk rasa. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home