Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:17 WIB | Sabtu, 04 Desember 2021

Jerman: Lebih Sejuta Orang Terinfeksi COVID-19

Dalam satu hari teridentifikasi 74.000 lebih kasus baru.
Seorang perempuan berjalan ke pusat vaksinasi penyakit virus corona (COVID-19) di Messe Berlin di Berlin, Jerman, pada 17 November 2021. (Foto: dok. Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Menteri Kesehatan Jerman mengatakan pada hari Jumat (3/12) bahwa lebih dari satu persen populasi, hampir satu juta orang, saat ini terinfeksi virus corona, dan meminta warga untuk divaksinasi jika mereka belum melakukannya.

Negara itu mengkonfirmasi 74.352 kasus baru COVID-19 harian, dan 390 kematian tambahan, angka yang diterbitkan oleh badan pengendalian penyakit federal.

Menurut perhitungan Institut Robert Koch, sekitar 925.800 orang di Jerman dianggap aktif terinfeksi virus atau biasa disebut kasus aktif.

Menteri Kesehatan, Jens Spahn, mencatat bahwa jumlah penduduk yang tidak divaksinasi yang terinfeksi dan sakit parah jauh lebih tinggi daripada bagian mereka dari keseluruhan populasi.

“Jika semua orang dewasa Jerman divaksinasi, kami tidak akan berada dalam situasi sulit ini,” katanya kepada wartawan di Berlin.

Spahn berbicara sehari setelah para pemimpin federal dan negara bagian mengumumkan pembatasan baru yang ketat yang sebagian besar menargetkan orang yang tidak divaksinasi, mencegah mereka memasuki toko, restoran, tempat olah raga dan budaya yang tidak penting.

Pemerintah juga berencana untuk mengajukan mandat vaksin umum untuk dipertimbangkan parlemen. Juru bicara pemerintah, Steffen Seibert, mengatakan anggota parlemen dapat memberikan suara pada masalah ini pada awal Januari.

Masalah Vaksinasi

Spahn, yang kemungkinan akan meninggalkan jabatannya pekan depan ketika pemerintah kiri-tengah baru Jerman mulai menjabat, telah menentang vaksinasi wajib dan menjelaskan pada hari Jumat bahwa ia akan memilih menentang tindakan tersebut.

Sekitar 68,8 persen orang di Jerman telah divaksinasi lengkap, sementara pemerintah telah menetapkan target minimal 75 persen. Untuk pertama kalinya sejak musim panas, lebih dari satu juta dosis diberikan pada satu hari Rabu.

Pihak berwenang di Berlin telah melarang protes yang direncanakan hari Sabtu oleh penentang tindakan pandemi. Polisi di ibu kota mengatakan demonstrasi sebelumnya menunjukkan bahwa peserta gagal mematuhi aturan pencegahan infeksi, termasuk menolak memakai masker.

Asosiasi Jerman untuk pengobatan perawatan intensif, DIVI, menyambut baik pembatasan yang baru disepakati. Tetapi ketuanya, Gernot Marx, mengatakan kepada kantor berita dpa bahwa jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di ICU kemungkinan akan mencapai rekor tertinggi baru selama periode perayaan.

Kepala Institut Robert Koch, Lothar Wieler, memperingatkan bahwa dataran tinggi dalam kasus-kasus baru yang terlihat di beberapa daerah dapat disebabkan oleh laboratorium dan kantor kesehatan setempat yang mencapai batas dari apa yang dapat mereka proses.

"Jadi terlalu dini untuk membaca tren pembalikan ini, apalagi menahan diri dari tindakan yang lebih keras," katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home