Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 07:53 WIB | Jumat, 01 April 2022

Jerman Pulangkan 37 Perempuan dan Anak ISIS dari Suriah

Pengungsi internal Suriah berjalan bersama di dekat tenda di sebuah kamp di Azaz, Suriah 1 Maret 2022. (Foto: dok. Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Jerman mengatakan telah membawa pulang 10 perempuan dan 27 anak-anak dari sebuah kamp di timur laut Suriah tempat tersangka anggota ISIS ditahan.

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, mengatakan kelompok itu dipulangkan dari kamp Roj pada hari Rabu (29/3) dalam operasi yang "sangat sulit". Dia mengatakan beberapa ibu ditahan segera setelah tiba di Jerman.

 “Ke-27 anak itu, pada akhirnya, adalah korban ISIS, dan mereka memiliki hak untuk masa depan yang lebih baik jauh dari ideologi mematikannya, dan juga untuk hidup dalam keamanan, seperti yang kita harapkan untuk anak-anak kita sendiri,” kata Baerbock dalam sebuah pernyataan. Sementara "para ibu harus bertanggung jawab atas tindakan mereka."

Jerman sebelumnya memulangkan 23 anak dan delapan ibu mereka dari Roj pada bulan Oktober. Pada saat yang sama, negara tetangganya, Denmark membawa pulang 14 anak dan tiga perempuan.

Baerbock berterima kasih kepada otoritas Kurdi di Suriah dan “mitra Amerika Serikat kami, yang sekali lagi memberi kami dukungan logistik.”

Dengan operasi hari Rabu, “mayoritas anak-anak Jerman yang ibunya bersedia kembali ke Jerman telah dibawa ke tempat yang aman,” katanya.

“Sekarang hanya ada beberapa kasus khusus di mana kami terus bekerja pada solusi individu.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home