Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:27 WIB | Kamis, 20 Oktober 2022

Jerman: Rusia Gagal Gunakan Energi dan Kelaparan sebagai Senjata Perang

Juga gagal memecah persatuan Eropa, dan Jerman sudah bebas dari ketergantungan gas Rusia.
Kanselir Jerman, Olaf Scholz, berpidato di majelis rendah parlemen, Bundestag, di Berlin, Jerman, hari Kamis, 20 Oktober 2022. (Foto: Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan energi dan kelaparan sebagai senjata, tetapi gagal memecah persatuan Barat dan tidak akan mencapai tujuan perangnya melalui taktik bumi hangus, kata Kanselir Jerman Olaf Scholz, hari Kamis (20/10).

Berbicara kepada parlemen, Scholz juga mengatakan Jerman telah membebaskan diri dari ketergantungan pada gas Rusia dan bekerja untuk menurunkan harga energi, tetapi memperingatkan bahwa Uni Eropa memberlakukan batas harga gas berisiko menjadi serangan balik.

Tentara Rusia telah memukul infrastruktur energi Ukraina dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan pemadaman dan mendorong Ukraina untuk memberlakukan pembatasan penggunaan listrik untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia pada Februari. Namun Rusia selalu membantah menargetkan warga sipil.

“Kami tidak akan membiarkan eskalasi terbaru Moskow tidak terjawab… Taktik bumi hangus tidak akan membantu Rusia memenangkan perang. Mereka hanya akan memperkuat persatuan dan tekad Ukraina dan mitranya,” kata Scholz kepada parlemen.

"Semua kebohongan dan propaganda, pembicaraan tentang 'operasi khusus' dan kemenangan cepat,  semua itu hanya fasad, seperti “desa Potemkin” (seolah-olah negara lain bernasib buruk dan negaranya bernasib baik).

Scholz berbicara ketika para pemimpin dari 27 negara Uni Eropa bersiap untuk bertemu untuk kedua kalinya dalam dua pekan untuk mencoba menurunkan harga energi, meskipun perpecahan tetap ada karena langkah untuk membatasi harga gas.

Semua 27 negara diharapkan untuk mendukung patokan harga alternatif untuk pembelian gas alam cair dan gas bersama.

Tetapi mereka tetap terpecah tentang apakah dan bagaimana membatasi harga gas untuk membendung inflasi yang tinggi dan mencegah resesi, setelah Rusia memotong aliran gas menyusul invasinya ke Ukraina.

Sementara 15 negara termasuk Prancis dan Polandia mendorong beberapa bentuk pembatasan, mereka menghadapi tentangan keras dari Jerman dan Belanda, masing-masing pembeli ekonomi dan gas terbesar di Eropa, dan pusat perdagangan gas utama Eropa.

Scholz mengatakan bahwa kesenjangan harga gas yang dipaksakan secara politis berisiko mendorong produsen untuk menjual gas mereka di tempat lain, yang berarti UE dapat menerima lebih sedikit gas sebagai hasilnya.

“Uni Eropa harus berkoordinasi erat dengan konsumen gas lain seperti Jepang dan Korea agar tidak saling bersaing,” katanya.

“Pada saat yang sama kami juga berbicara dengan produsen tentang harga yang sesuai. Saya yakin: negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, atau Norwegia, yang mendukung kami di pihak Ukraina, memiliki kepentingan dalam energi Eropa agar tidak menjadi tidak terjangkau.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home