Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 20:09 WIB | Minggu, 27 Januari 2019

Jerman Stop Penggunaan Batu Bara pada 2038

Ilustrasi. Pemanfaatan sumber energi batu bara. (Foto: Inhabitat)

JERMAN, SATUHARAPAN.COM – Sebuah komisi yang ditunjuk Pemerintah Jerman memaparkan rencana, Sabtu (26/1), untuk menghentikan penggunaan batu bara di negara itu pada 2038.

Komisi itu -- yang terdiri atas para politisi, pakar iklim, serikat, dan tokoh industri dari kawasan batu bara -- menyetujui sebuah kompromi setelah perundingan ekstensif di bawah tekanan yang kuat pada negara dengan ekonomi terbesar di Eropa itu untuk meningkatkan upaya melawan perubahan iklim.

“Ini hari yang bersejarah,” kata kepala komisi, Ronald Pofalla, setelah perundingan selama 20 jam, seperti dilansir VOA Indonesia.

Rekomendasi itu, yang melibatkan sedikitnya $45.6 miliar dana bantuan untuk negara-negara bagian penambang batu bara yang terkena dampaknya, kini harus ditinjau oleh Pemerintah Jerman dan 16 negara bagian regional.

Sementara sebagian pejabat pemerintah menyambut baik laporan itu, penyedia energi RWE, yang mengelola beberapa pembangkit listrik batu bara, mengatakan tenggat 2038 itu “terlalu dini”.

Meskipun memiliki reputasi sebagai negara hijau, Jerman sangat bergantung pada batu bara untuk kebutuhan energi, sebagian karena keputusan Kanselir Jerman Angela Merkel untuk menghapuskan pembangkit nuklir pada 2022 pasca bencana Fukushima pada 2011.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home