Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:15 WIB | Rabu, 25 Januari 2023

Jerman Telah Terima Permintaan Polandia Kirim Leopard ke Ukraina

Jerman mengirimkan tank Leopard pertamanya ke Slovakia sebagai bagian dari kesepakatan setelah Slovakia menyumbangkan kendaraan tempur ke Ukraina, pada 19 Desember 2022. (Foto: dok. Reuters)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM - Jerman kini telah menerima permintaan resmi Polandia untuk mengekspor kembali tank Leopard 2 ke Ukraina, kata menteri pertahanan Polandia pada hari Selasa (24/1), saat Warsawa meningkatkan tekanan pada Berlin untuk memberikan persetujuannya.

Ukraina menginginkan Leopard 2 buatan Jerman, salah satu tank Barat yang paling banyak digunakan, untuk membantunya menembus garis Rusia dan merebut kembali wilayah tahun ini.

Jerman, yang persetujuannya diperlukan untuk mengekspor kembali Leopard, telah menahan diri, khawatir akan mendorong Moskow untuk meningkatkan konflik.

“Jerman telah menerima permintaan izin kami untuk mentransfer tank Leopard 2 ke Ukraina,” tulis Mariusz Blaszczak di Twitter.

“Saya juga mengimbau pihak Jerman untuk bergabung dengan koalisi negara-negara yang mendukung Ukraina dengan tank Leopard 2,” tambahnya. “Ini adalah tujuan kita bersama, karena keamanan seluruh Eropa dipertaruhkan!”

Berlin mengatakan bersedia bertindak cepat jika ada konsensus di antara sekutu tersebut.

Seorang juru bicara kementerian ekonomi Jerman tidak dapat segera dihubungi melalui telepon dan tidak segera membalas permintaan komentar melalui email.

Pada hari Minggu, Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, mengatakan Berlin tidak akan menghalangi Polandia jika memilih untuk meminta dan, pada hari Senin, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan Jerman tidak memblokir ekspor tank tersebut. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home