Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 12:10 WIB | Jumat, 10 Maret 2017

Job Fair ke-32 UKSW Tawarkan 352 Posisi Pekerjaan

Suasana Job Fair ke-32 Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, 9-10 Maret 2017, yang diikuti 42 perusahaan dan lembaga pendidikan. (Foto: uksw.edu)

SALATIGA, SATUHARAPAN.COM – Job Fair Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang berlangsung di Balairung Universitas, 9-10 Maret, menawarkan 352 posisi pekerjaan bagi pencari kerja dan masing-masing terbuka lebih dari 1 lowongan.  Posisi tersebut terbuka bagi lulusan dari semua jurusan mulai SMA/SMK sebanyak 12 posisi, D3 (50 posisi), S1 (280 posisi) hingga S2 (10 posisi).

Theresia Evy Yeniarti SE, Ketua Panitia Job Fair UKSW, mengungkapkan latar belakang 42 peserta job fair yang terdiri atas 30 perusahaan dan 12 lembaga pendidikan itu, sangat beragam. Selain lembaga pendidikan, terdapat perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, IT, perbankan, jasa, otomotif, asuransi, pembiayaan, distributor, hingga produsen makanan. Asal perusahaan juga cukup beragam, di dalam maupun luar Jawa.

Evy menambahkan, untuk mempermudah pencari kerja memilih bidang pekerjaan sesuai yang dibutuhkan, panitia menyediakan vacancy book.

“Melalui job fair ini kami berharap dapat terus menjadi jembatan bagi peserta dan pencari kerja. Para pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan seperti diharapkan. Demikian pula perusahaan mendapatkan tenaga kerja sesuai kebutuhaan dan kualifikasi sebab di sini langsung terjadi komunikasi sehingga bisa saling menguntungkan,” kata Evy, seperti dikutip dari uksw.edu.

Program Magang

Pada Kamis (9/3) siang, sekitar 1.000 pencari kerja memadati Balairung Universitas. Novia Riski, mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, salah seorang di antaranya, mengaku senang dapat berpartisipasi dalam job fair UKSW. Dia menyebut beberapa fasilitas yang diberikan sangat membantu dalam proses mengenal perusahaan peserta.

“Selain ada vacancy book, kami juga terbantu dengan informasi perusahaan yang telah di-posting di website job fair. Beberapa perusahaan pun telah menyantumkan lowongan serta syarat yang dibutuhkan sehingga berkas dapat saya persiapkan dari rumah,” tutur lulusan Fakultas Peternakan dan Pertanian itu.

Job fair UKSW digelar mulai pukul 08.00-16.00. Pencari kerja melakukan registrasi online melalui laman jobfair.uksw.edu dengan mendaftar sebagai member maupun non member. Pada hari pelaksanaan, pencari kerja cukup membawa email konfirmasi pendaftaran sebagai kartu akses masuk Job Fair UKSW.  Job Fair UKSW terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Event rutin itu diselenggarakan tiga kali dalam setahun, dan tahun ini memasuki periode ke-32. Melalui sambutannya, Rektor UKSW John Titaley menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh perusahaan dan lembaga pendidikan yang telah mempercayakan job fair UKSW sebagai sarana mencari tenaga kerja. Rektor juga membuka peluang bagi perusahaan maupun lembaga pendidikan yang bersedia menjadi partner mendidik mahasiswa tingkat akhir melalui program magang.

“Program magang atau yang juga dikenal sebagai praktik kerja lapangan diharapkan dapat menguntungkan dua belah pihak, baik UKSW maupun perusahaan. Sebab perusahaan dan mahasiswa dapat saling mengenal dalam waktu cukup lama, sehingga menjadi aspek pertimbangan untuk menggunakan mereka saat lulus nanti,” kata Rektor.

Hal itu disambut baik salah satu lembaga pendidikan pengguna lulusan UKSW. Eko Sudjatmanto, mewakili Sekolah BPK Penabur Cirebon menuturkan pihaknya sudah cukup sering berpartisipasi dalam job fair UKSW.  “Lulusan UKSW terbukti mumpuni di bidangnya. Kami tidak perlu membutuhkan waktu lama mempersiapkan mereka menjadi tenaga pendidik profesional. Kerja sama magang juga kami apresiasi karena ini mempermudah gerak kami mencari tenaga pendidik baru,” tuturnya. (uksw.edu)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home