Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:06 WIB | Selasa, 15 November 2022

Joe Biden Akan Menekan Anggota G20 untuk Mengsolasi Rusia

Presiden AS, Joe Biden, berbicara kepada media saat konferensi pers jelang KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Senin, 14 November 2022. (Foto: AP/Dita Alangkara)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, bersiap untuk membujuk negara-negara ekonomi terbesar di dunia untuk semakin mengisolasi Rusia secara diplomatis dan ekonomi atas invasinya ke Ukraina, meskipun prospek global yang suram telah menguji tekad negara-negara lain.

Dalam pertemuan pada hari Selasa (15/11) di KTT Kelompok 20 di Bali, Indonesia, pemimpin AS akan melanjutkan tur global menekan negara-negara untuk menentang Rusia dan mempertahankan kedaulatan Ukraina baik secara simbolis maupun substantif.

Upaya itu dilakukan karena inflasi global dan ekonomi yang melambat telah memberikan tekanan baru pada negara-negara yang menjatuhkan hukuman kepada Rusia atas perang sembilan bulan yang telah membuat harga pangan dan energi melonjak.

Seorang pejabat senior administrasi AS, berbicara dengan syarat anonim untuk membahas diskusi KTT, mengatakan pada hari Selasa bahwa komunike akhir KTT akan memperjelas bahwa "sebagian besar" negara mengutuk invasi Rusia di Ukraina, serta jumlah korban yang telah menderitasecara global dalam persediaan makanan dan energi.

Masih harus dilihat berapa banyak negara yang akan menerima bahasa keras atau apakah dokumen itu akan menyebut tindakan Rusia sebagai "perang", frasa yang ingin dihindari Moskow, meskipun ada kerugian besar yang diderita oleh militernya.

Pejabat AS mengatakan perjalanan Biden telah menunjukkan bahwa negara besar dan kecil bersedia mengutuk agresi Rusia. Presiden Indonesia, Joko Widodo, mengundang Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, untuk berpidato di KTT G-20 secara virtual.

Itu terjadi beberapa hari setelah menteri luar negeri Ukraina diundang untuk berpartisipasi dalam KTT Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Kamboja, di mana ia menjadi penandatangan terbaru untuk perjanjian persahabatan dan kerja sama kelompok itu.

AS Terhadap China dan Arab Saudi

Setelah pertemuannya dengan Presiden Xi Jinping pada hari Senin (14/11), Biden mengatakan dia dan pemimpin China membahas agresi Rusia terhadap Ukraina dan "menegaskan kembali keyakinan kita bersama" bahwa penggunaan atau bahkan ancaman senjata nuklir "sama sekali tidak dapat diterima" - referensi ke Moskow sebagai ancaman terselubung untuk menggunakan senjata atom karena invasinya ke Ukraina tersendat.

Pejabat China sebelumnya sebagian besar menahan diri dari kritik publik terhadap perang Rusia, meskipun Beijing telah menghindari dukungan langsung pada Rusia, seperti memasok senjata.

Jadwal KTT tidak menyertakan "foto bersama" para pemimpin, yang akan menghindari momen interaksi yang berpotensi canggung dengan perwakilan Rusia, Menteri Luar Negeri, Sergey Lavrov. Masih harus dilihat bagaimana reaksi Biden dan sekutu AS ketika Lavrov diketahui berbicara selama sesi tertutup KTT. Beberapa orang Eropa telah membahas kemungkinan keluar dari pertemuan sebagai protes atas invasi Rusia.

Penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, mengatakan tidak ada seorang pun di delegasi AS yang memiliki rencana untuk bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, sering dikenal sebagai MBS, setelah Biden menuduh Arab Saudi berpihak pada Rusia dengan memimpin kartel OPEC+ untuk memangkas produksi minyak bulan lalu, dalam upaya mempertahankan kenaikan harga energi yang digunakan Rusia untuk mendanai perangnya di Ukraina.

Juga tidak jelas apakah siapa pun dari delegasi AS akan bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi atau para pemimpin lain yang kerja samanya penting untuk mengamankan batas harga minyak Rusia guna membatasi keuntungan yang digunakan Moskow untuk berinvestasi di pangkalan pertahanannya.

Di KTT tersebut, Biden akan memiliki kesempatan pertamanya untuk bertemu dengan dua mitra baru yang kritis dalam upaya itu: Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, dan Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni.

Sunak, yang mulai menjabat bulan lalu setelah masa jabatan Liz Truss yang sangat singkat, telah berjanji untuk melanjutkan dukungan gigih pendahulunya yang konservatif untuk Ukraina. Dia dan Biden akan menyusun strategi selama pertemuan hari Rabu (16/11)  mereka tentang cara-cara baru untuk memperkuat pertahanan Ukraina dalam jangka panjang.

Meloni telah berjanji untuk terus menyediakan senjata dan bantuan untuk Ukraina, tetapi masih ada pertanyaan mengenai komitmen koalisi sayap kanannya untuk melawan Rusia. Dia akan bertemu dengan Biden secara pribadi pada Selasa (15/11) sore. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home