Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:35 WIB | Selasa, 16 Februari 2021

Joe Biden Berakhir Pekan di Camp David, Apa Istimewanya Tempat Ini?

Ini tempat “pelarian” bagi banyak Presiden AS, dan juga untuk berdiplomasi tingkat tinggi, tapi kecuali bagi Trump.
Joe Biden Berakhir Pekan di Camp David, Apa Istimewanya Tempat Ini?
Pada 6 September 1978 ini, foto koleksi Gedung Putih, menampilkan para pelaku KTT Timur Tengah, dari kiri, Presiden Mesir, Anwar Sadat, Presiden AS, Jimmy Carter, dan Perdana Menteri Israel, Menachem Begin, bertemu untuk pertama kali di Camp David. Kamp ini menawarkan tempat istirahat bagi presiden AS dan keluarganya, dan telah digunakan oleh setiap presiden AS sejak Franklin Delano Roosevelt pertama kali pergi ke sana pada tahun 1943 sebagai tempat “persembunyian pribadi”, dan telah menjadi tempat negosiasi diplomatik besar dan diskusi kebijakan. (Foto: dok. AP)
Joe Biden Berakhir Pekan di Camp David, Apa Istimewanya Tempat Ini?
Pada Juli 1981, foto yang dirilis oleh Gedung Putih menampilkan Presiden AS Ronald Reagan, kiri, dan Wakil Presiden George Bush menunggang kuda di Camp David. (Foto: Michael Evans/Gedung Putih, via AP)
Joe Biden Berakhir Pekan di Camp David, Apa Istimewanya Tempat Ini?
Pada April 1960, Presiden AS Dwight Eisenhower, kanan, dan Presiden Kolombia, Alberto Lleras, berpose di depan Aspen Lodge di Camp David. (Foto: dok AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menghabiskan pekan ketiganya di kantor dengan mengunjungi Pentagon, mengunjungi National Institutes of Health dan menangani perintah tanggapan COVID-19.

Dia menutupnya dengan bermain bersama salah satu cucunya di Mario Kart selama kunjungan kepresidenan pertamanya ke Camp David, tempat peristirahatan bersejarah bagi para pemimpin AS.

Itulah yang biasanya ditawarkan Camp David kepada para presiden: istirahat dari Washington di mana mereka dapat melepaskan ikatan dan bersantai dengan keluarga. Kompleks di pegunungan Maryland itu hanya 60 mil (97 kilometer) dari ibu kota, dan menampilkan segalanya mulai dari arena bowling hingga arena panahan.

Tempat itu telah digunakan oleh setiap presiden sejak Franklin Delano Roosevelt pertama kali pergi ke sana pada tahun 1943 sebagai tempat persembunyian pribadi dan telah menjadi tempat negosiasi diplomatik utama, dan diskusi kebijakan sepanjang sejarah. Ini menurut Michael Giorgione, yang menjabat sebagai komandan Camp David untuk Presiden Bill Clinton dan George W. Bush serta menulis buku "Inside Camp David."

Dengan pengecualian Donald Trump, dia biasanya lebih suka di klub pribadinya, setiap presiden telah menggunakan Camp David "untuk liburan pribadi, melarikan diri dari keributan dan kebisingan dan hal-hal lain Gedung Putih. Dan benar-benar pergi ke gunung eksklusif ini, retreat. Itu satu tujuan. Dan yang lainnya adalah membawa para pemimpin dunia ke sana,” kata Giorgione.

“Tempat Persembunyian”

Ketika Roosevelt pertama kali tiba, tempat peristirahatan pedesaan itu adalah ″tempat persembunyian dengan sedikit air panas dan dengan sikat yang ditaruh di ambang jendela," tulis mantan reporter Associated Press Gedung Putih, Dale Nelson, dalam sejarah 1995,  ″Presiden ada di Camp David.″ Meski begitu, Roosevelt secara fantastis menjulukinya "Shangri-La", nama komunitas utopia dalam novel populer tahun 1933, "Lost Horizon".

Ketika Dwight Eisenhower mengambil alih, dia menambahkan sebuah lapangan rumput dan nama baru: “Camp David.”  Dan selama bertahun-tahun, presiden melakukan peningkatan agar sesuai dengan selera mereka. Richard Nixon menambahkan kolam renang berpemanas, dan George HW. Bush memasang lapangan lempa tapal kuda. Barack Obama, yang dikenal karena kecintaannya pada bola basket, membangun lapangan.

Kompleks ini juga dilengkapi dengan bioskop, lapangan tembak skeet, menunggang kuda, dan lapangan tenis. “Saya meninggalkan masalah saya di luar gerbang,” kata Lady Bird Johnson, istri Presiden Lyndon Johnson, suatu kali berkata tentang tempat itu.

Biden di Camp David

Biden sendiri mengatakan kepada wartawan sebelum berangkat dari Washington ke kompleks itu bahwa rencana utamanya untuk akhir pekan yang panjang adalah "hanya berkumpul dengan keluarga dan melakukan apa yang selalu kami lakukan." Sementara presiden biasanya menggunakan helikopter Marine One untuk perjalanan singkat, cuaca memaksa presiden untuk terbang ke Hagerstown, Maryland, dengan Air Force One, sebelum naik iring-iringan mobil ke kamp.

Cucunya, Naomi, memposting di Instagram-nya pada hari Sabtu (13/2) malam klip Biden yang sedang bermain video game, dengan judul, "Sedikit tua, tapi dia masih menang (nyaris)."

Biden bekerja dengannya, meskipun, bertemu dengan penasihat keamanan nasional pada hari Sabtu, mengeluarkan pernyataan tentang pembebasan Trump dalam persidangan pemakzulannya pada hari Sabtu malam, dan menandatangani perintah eksekutif untuk mendirikan kembali kantor Gedung Putih pada keterlibatan agama pada hari Minggu (14/2).

Negosiasi Diplomatik

Sejarah kompleks ini mencakup lebih dari sekadar permainan golf dan kereta luncur musim dingin. Itu juga menjadi tuan rumah bagi pejabat asing dan telah menjadi tempat berkumpul untuk diplomasi. Giorgione mengatakan suasana kamp yang santai cocok untuk membangun hubungan.

“Ada perasaan tertentu pergi ke kamp sebagai kebalikan dari Gedung Putih, yang sedikit lebih formal, sedikit lebih kaku, jika Anda katakan, dan presiden tertentu menemukan hubungan yang jauh lebih baik di kamp daripada yang mereka lakukan di Gedung Putih," katanya.

Roosevelt menjamu Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, di sana pada tahun 1943 untuk membantu meletakkan dasar bagi invasi Normandia, dalam kunjungan pertama seorang pemimpin asing.

Kamp itu menjadi identik dengan negosiasi diplomatik terakhir yang panas setelah Presiden Jimmy Carter mengundang Perdana Menteri Israel, Menachem Begin, dan Presiden Mesir, Anwar Sadat, di sana pada tahun 1978 untuk merundingkan kesepakatan damai. Setelah 13 hari pembicaraan yang menegangkan, keduanya menyetujui kerangka kerja yang pada akhirnya mengarah pada perdamaian antara kedua negara.

Bill Clinton mencoba meniru “kimiawi” diplomatik itu ketika dia mengundang Perdana Menteri Israel, Ehud Barak, dan pemimpin Palestina, Yasser Arafat, ke Camp David untuk pembicaraan damai Timur Tengah pada tahun 2000. Setelah dua pekan perundingan, pertemuan puncak itu berakhir tanpa kesepakatan.

George W. Bush sering mengunjungi kamp tersebut, menggunakannya untuk menghibur sejumlah pemimpin asing serta untuk retret Kabinet guna merencanakan tanggapan pemerintahannya terhadap serangan 11 September.

Pada tahun 2012, Obama menjadi tuan rumah KTT Kelompok Delapan (G8) untuk para pemimpin dunia di sana, setelah protes Occupy Wall Street membuat kampung halamannya di Chicago. Para pemimpin dunia itu tinggal di kompleks dengan 12 kabin, dan dapat menghabiskan waktu luang mereka berbaur di lapangan.

Kecuali Trump

Trump menghabiskan sedikit waktu di sana dan tidak menerima tamu asing. Dia pernah bercanda kepada seorang reporter: "Anda tahu berapa lama Anda akan menyukainya? Selama sekitar 30 menit.”

Tetapi Giorgione mengatakan dia berharap bahwa Biden, dengan penghargaannya terhadap diplomasi, kemungkinan akan menggunakan ruang itu untuk menampung para pemimpin asing setelah pandemi virus corona, yang telah menghalangi sebagian besar pertemuan langsung, bisa terkendali.

Dia mengatakan ketika para pemimpin asing turun ke Camp David, itu bisa seperti "menginap di rumah orang dewasa."

“Pergi ke perkemahan di kabin menciptakan suasana di mana para pemimpin sangat berdekatan. Tidak ada ruang konferensi besar dengan lampu gantung dan layanan kopi. Ini kumpul-kumpul yang sederhana dan sederhana,” katanya.

Peserta “berjalan di jalan setapak bersama, kami pergi bersepeda, kami duduk di meja yang bagus di ruang konferensi kecil”.

“Itu menciptakan seni untuk saling turun tangan di ruang pribadi masing-masing, dan menemukan waktu untuk berbicara secara sah,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home